Luluasan SMU Ditempatkan di HRD, Mampukah?

Pertanyaan :

Saya lulusan SMU, melamar pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi dan pemasaran. Produk perusahaan kami antara lain Shampo Pentine, Nivea body lotion, Gillete dll. Awalnya saya melamar sebagai Admin/operator input data. Tapi, justru saya diberi kepercayaan sebagai HRD. Dan saya terima, meskipun penuh pertanyaan apakah saya "mampu"? Sebagai lulusan SMU saya bingung apa yang harus saya perbuat sebagai seorang HRD. Yang paling berat buat saya adalah saya dituntut untuk memberi program-program kerja yang mampu meningkatkan SDM maupun perusahaan. So, tolong berikan saya sesuatu yang mampu membuat saya yakin dan pandai dalam menjalankan tugas saya sebagai HRD. Terima kasih banyak.


Jawaban :

Untuk seseorang bekerja/bertugas menangani urusan sumber daya manusia (HR), harus terlebih dahulu belajar tentang teknik pengelolaannya. Tingkat kerumitan atau kecanggihan teknik pengelolaan HR antara lain tergantung oleh besar atau kecilnya perusahaan, jumlah karyawan, perusahaan dalam negeri/domestik atau multinasional.

Sebagai orang yang awam atau belum punya pengalaman dalam pengelolaan HR, ada dua kemungkinan yang dapat Anda lakukan: belajar dengan dibimbing langsung oleh satu/beberapa orang yang sudah "matang" di bidang pengelolaan HR, atau kombinasi antara dibimbing langsung ditambah dengan Anda ikut pelatihan-pelatihan tentang pengelolaan HR. Tanpa bimbingan langsung di tempat kerja (dan hanya mengikuti pelatihan saja) hasilnya kurang optimal. Apalagi bila pelatihan tersebut hanya berisikan teori-teori saja. Anda memerlukan Teori dan Praktek pengelolaan HR.

HR berbeda dengan Urusan Personalia. HR, secara mudahnya, adalah bagaimana mengelola SDM di perusahaan menjadi berdaya guna secara optimal dan dapat mendukung perusahaan untuk mencapai sukses. Sedangkan Personalia hanya sebatas mengurus administrasi seperti pembayaran upah, administrasi data pekerja, mengurus upah lembur, cuti, biaya kesehatan dll.

Bila mungkin, disarankan Anda dapat sambil kuliah mengambil S-1. Dengan latar belakang pendidikan S-1, daya nalar dan pemikiran Anda akan semakin meningkat. Semoga sukses –sukses hanya dapat dicapai dengan kesungguhan dan kerja keras.