Lagi, Soal Prosedur Penghitungan Pesangon Karyawan PHK

Pertanyaan :

Mohon bantuanya untuk memberikan penjelasan mengenai perhitungan pesangon pada karyawan yang di-PHK untuk efisisensi perusahaan:
1. Karyawan dengan masa kerja 2 tahun
2. Karyawan dengan masa kerja 3 tahun lebih
3. Karyawan dengan rincian gaji pokok dan uang makan& tranportasi per hari (dimana kalau absen tidak mendapatkannya, dalam hal ini posisinya sebagai office boy).

Selain itu, apakah saya juga perlu meminta rincian tertulis mengenai perhitungan pesangon tersebut dari depnaker untuk menghindari kesalahan (untuk lebih amannya)?

Demikian terimakasih


Jawaban :

1. Masa kerja 2 tahun, pesangonnya: 6 bulan gaji plus penggantian hak: 15% X 6 bulan gaji, tanpa penghargaan masa kerja

2. Masa kerja 3 tahun, pesangonnya: 8 bulan gaji plus penghargaan masa kerja: 2 bulan gaji plus penggantian hak: 15% X 10 bulan gaji. Ditambah lagi, penggantian hak berupa: uang pengganti cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur. Misalnya yang bersangkutan masih punya sisa cuti 7 hari kerja, maka penghitungannya adalah (7/12)X 1 bulan gaji. Ditambah lagi, ongkos pulang untuk pekerja/dan keluarganya ke tempat dimana pekerja diterima bekerja.

3. Komponen gaji yang dijadikan dasar sebagai penghitungan adalah gaji pokok + tunjangan tetap. Uang makan + transpor tidak termasuk tunjangan tetap sehingga dalam kasus ini dasar penghitungan adalah gaji pokok.

Tidak ada salahnya jika Anda konsultasi dengan depnaker setempat untuk kelancaran proses PHK.

Demikian disampaikan, semoga semua berjalan lancar, dengan hak dan kewajiban masing-masing pihak dapat dipenuhi sebagaimana mestinya.