Kompetensi Teknis dan Perilaku Orang HR

Pertanyaan :

Saya tamatan Manajemen SDM, tapi selama ini belum pernah bekerja sesuai dengan bidang tersebut. Ingin rasanya berkarir di departemen HR, tapi sampai saat ini belum ada yang kesempatan. Kemampuan apa saja yang harus saya miliki agar bisa diterima bekerja di departemen sumber daya manusia?


Jawaban :

Memang terkadang kesempatan itu hadir begitu jelas depan mata, namun tidak jarang ia agak ‘jaim’, maunya dicari dan dibutuhkan. Namun minat telah membuktikan keampuhannya untuk menemukan jalan ke kesempatan. Sambil berjalan, jangan sia-siakan bekal di tempat saat ini. Terlebih skill merupakan sesuatu yang dapat dipelajari dan dikembangkan.

Secara umum, ada dua kompetensi utama terkait teknis dan perilaku yang dibutuhkan di semua bidang. Untuk SDM, tentu proses belajar melalui berbagai media dan sumber menjadi pilihan, terutama dengan mengikuti arah perkembangan bidang SDM saat ini.

Sementara untuk kompetensi perilaku, orang-orang yang menjadi bagian dunia SDM hendaknya memiliki strategic thinking yang bisa diandalkan. Ini seiring dengan fungsi SDM yang semakin menunjukkan peran signifikan sebagai partner strategis. Anda juga perlu mengembangkan keyakinan sebagai bagian penting yang menyumbang kesuksesan perusahaan secara luas dan jangka panjang.

Yang tidak kalah penting, SDM harus merancang dan menjalankan suatu sistem terukur untuk memberikan pengaruh signifikan bagi suksesnya strategi bisnis. Penyusunan sistem ini tentu kurang lebih telah Anda pelajari di kuliah. Pengetahuan dan pemahaman psikologi, terutama industri juga menjadi memiliki andil kuat. Anda bisa mempelajarinya dari banyak sumber tentu.

Bayangkan peran penting Anda untuk mewujudkan sebuah tim sukses besar dalam suatu entitas bisnis. Bagaimana Anda akan merangkai, mulai dari perekrutan, pengembangan, hingga mungkin restrukturisasi. Memang masih banyak departemen SDM yang berkutat di administrasi, Anda harus siap juga menghadapi dinamika paradigma beragam pihak. Semoga Anda bisa mewujudkan impian tersebut dan bisa menjadi karir yang tepat, yang membahagiakan tentunya.