Kompensasi PHK untuk Karyawan Pasar Modal, Apakah Ada Bedanya?

Pertanyaan :

Saya bekerja di sebuah perusahaan asset management (pasar modal) 1 tahun 7 bulan, dan karena alasan efisiensi saya akan di-PHK. Namun perusahaan hanya akan memberikan 1 bulan gaji sebagai kompensasinya. Padahal saya pernah baca di rubrik ini, bila bekerja 1 tahun 11 bulan akan mendapatkan pesangon 4 x gaji dan uang pengganti hak sebesar 15% x 4 gaji. Boleh bantu saya dasarnya ada di mana yang mengatur tentang hal ini dan apakah ada bedanya untuk perusahaan pasar modal. Bagimana cari menghitung cuti sedangkan tahun 2009 masih bulan maret. Berapa hari hak cuti saya?


Jawaban :

Iya benar, jika penyebab PHK adalah efisiensi, maka untuk masa kerja 1 tahun 7 bulan berhak mendapatkan pesangon 4X gaji dan uang pengganti hak 15% x 4 bulan gaji. Dasarnya adalah UU ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003 pasal 156 dan pasal 164.

Sepengetahuan saya, untuk perusahaan pasar modal berlaku ketetapan yang sama, mengacu pada UU No. 13 tahun 2003.

Mengenai cuti, prinsipnya adalah “karyawan mendapatkan cuti tahunan selama 12 hari kerja setelah bekerja 12 bulan terus menerus”. Jadi, setelah 1 tahun bekerja baru boleh ambil cuti selama 12 hari kerja. Teknik pelaksanaan cuti sangat bervariasi tergantung kebijakan perusahaan, silakan tanyakan pada administrasi personalia.