Kompensasi bila Perusahaan Pailit

Pertanyaan :

Saya sudah bekerja di PT KAB selama 13 tahun. Menurut informasi yang saya terima, perusahaan sudah dinyatakan pailit tapi tidak dipailitkan. Apa maksud dari penyataan tersebut? Kompensasi apa yang akan saya terima apabila sewaktu-waktu perusahaan dinyatakan pailit?


Jawaban :

Halo Ibu Sri Mulyani, untuk pertanyaan pertama mengenai arti dari “perusahaan sudah dinyatakan pailit tapi tidak dipailitkan”, sebaiknya ibu berkonsultasi dengan ahli hukum untuk mendapatkan jawaban yang lebih tepat dan komprehensif.

Untuk pertanyaan kedua mengenai kompensasi; berdasarkan UU No.13/2003 tentang Ketenagakerjaan, pasal 95, ayat 4, dalam hal perusahaan dinyatakan pailit atau dilikuidasi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, maka upah dan hak-hak lainnya dari pekerja/buruh merupakan utang yang didahulukan pem-bayarannya. Termasuk di dalam hal ini adalah diberikannya uang pesangon dan atau uang penghargaan masa kerja kepada pekerja bila terjadi pemutusan hubungan kerja, dimana jumlahnya diatur di dalam pasal 156 dari UU No.13/2003.