Status Karyawan Institusi Pendidikan

Pertanyaan :

yth. PortalHR Kami adalah karyawan instutisi pendidikan pasca sarjana yang dalam perekrutan awal (1991, dan ada beberapa karyawan yang perekrutannya dalam tahun-tahun setelahnya) menjadi karyawan reguler, yang berarti sudah 22 tahun (mulai 1991) bekerja mulai gedung masih mempunyai beberapa kelas hingga memiliki gedung jauh lebih besar dengan fasilitas lux dan lengkap demi menunjang sarana pendidikan eksklusif dan image, serta gedung unit penunjang bisnis. Dalam sistem keorganisasian di tempat kami kerja sudah mempunyai buku kepegawaian yang mengatur tentang hak dan kewajiban karyawan (termasuk pesangon, tali asih dan lainnya berdasarkan masa kerja). Walau institusi di mana kami bekerja (prodi) adalah bagian dari suatu fakultas di universitas negeri, namun pengembangan dan kehidupan prodi dibiayai secara mandiri dari penerimaan sumbangan pendidikan (tuition fee) Saat ini, dengan perubahan status dari BHMN ke BLU, kami yang sudah bekerja dalam sekian tahun akan berubah status, yang tadinya karyawan tetap prodi (dengan segala hak dan kewajibannya), menjadi karyawan honorer tahunan universitas. Dengan perubahan tersebut (karyawan tetap prodi menjadi karyawan honorer universitas), yang kemungkinan (karena belum tahu persis apa hak dan kewajibannya setelah perubahan status) masa kerja kami tidak diperhitungkan sehingga kemungkinan pula hak-hak kami, seperti pesangon dan lainnya tidak akan diperhitungkan. Dengan hal tersebut di atas, mohon pencerahan kepada semua pengasuh Forum Konsultasi PortalHR: Apakah yang harus kami lakukan dengan perubahan status: 1. Menuntut bisa menjadi karyawan tetap universitas (bukan karyawan honorer tahunan universitas), dengan segala hak-haknya minimal seperti yang telah disebutkan dalam butir-butir dalam buku karyawan? 2. Jika hal tersebut di atas tidak dapat dipenuhi oleh (prodi/fakultas/universitas), apa yang harus kami lakukan untuk menuntut hak-hak kami? Demikian sekelumit kegelisahan kami, mohon perkenan untuk pencerahannya. Terimakasih atas perhatiannya.


Jawaban :

Wah cukup prihatin ya atas kondisi institusi pendidikan di Indonesia kini, seharusnya pemerintah lebih memperhatikan hal-hal seperti ini agar tenaga pendidik lebih baik dan dapat bekerja optimal untuk mengembangkan pendidikan di Indonesia dalam mencetak future leader.

Dengan paparan yang disampaikan, saya coba membantu menjawab. Menurut saya, sebaiknya tanyakan kepada institusi masing-masing serta kepada pihak-pihak terkait di pemerintahan untuk meminta kejelasan hal ini. Walaupun kebijakan terkait hak pasti akan mengikuti kebijakan institusi masing-masing.

Secara prinsip, “pencabutan” hak dilarang oleh undang-undang ketenagakerjaan. Dan atas pelanggaran ini pekerja dapat mengajukan gugatan melalui jalur pengadilan hubungan industrial. Tapi saran saya, sebelum melangkah lebih jauh sebaiknya buka jalur komunikasi dengan pimpinan dan pihak-pihak yang berwenang di institusi masing-masing untuk mencari kejelasan. Terima kasih.

 

Tags: ,