Mutasi Karyawan

Pertanyaan :

Selamat pagi Bapak yang terhormat, Di tempat saya bekerja sering dilakukan mutasi karyawan dari satu bagian ke bagian lain yang notabenenya tidak sesuai dengan latarbelakang skill dan pendidikan. Contoh seperti yang saya alami sebelumnya saya bekerja di bagian maintenance setelah 5 tahun tiba-tiba saya dipindah ke bagian GA tanpa alasan yang jelas. Mohon tanggapannya perihal tersebut apakah di benarkan dalam undang-undang tenaga kerja.   Terima kasih  


Jawaban :

Yth. Bapak Fajar di Banten,

Sebelumnya saya mohon maaf jika jawaban yang saya sampaikan kurang tepat, karena saya menjawab atas dasar informasi yang Bapak sampaikan saja.

Mengenai mutasi, perlu saya luruskan terdahulu bahwa mutasi adalah salah satu pendekatan penugasan yang mempunyai maksud dan tujuan yang berbeda-beda. Pada salah satu artikel di PortalHR yang saya tulis dengan judul “Apakah Penempatan Karyawan Mempengaruhi Kinerja?”, dapat dilihat bahwa pemindah penugasan dapat dimaksudkan untuk tujuan-tujuan positif seperti pengembangan karir masa depan karyawan, peningkatan kompetensi karyawan, ataupun tujuan lain seperti pertimbangan spesialisasi keahlian dan kemampuan karyawan dalam menangani suatu bidang lebih unggul dibandingkan yang lain atau juga dilakukan sebagai upaya pencegahan atas permasalahan yang terjadi (antisipasi perluasan masalah), jika orang yang dimutasi dianggap berpotensi menimbulkan masalah di unit/bagian sebelumnya.

Untuk itu coba Bapak tanyakan kepada bagian HR atau atasan langsung perihal latar belakang mutasi tersebut. Jika saya tidak salah, General Affair (GA) dan Maitenance masih dalam rumpun kompetensi yang tidak berbeda jauh, walau dalam pelaksanaan dibeberapa perusahaan dapat dibedakan unit kerjanya; bidang Operasional (Maintenance), HR (HR&GA) atau unit kerja tersendiri Bagian Umum/GA (Maintenance & GA).

Mudah-mudahan dapat membantu menjawab pertanyaan Saudara, jika ada pertanyaan lain dapat disampaikan twitter saya @Rizki_Nugroho atau @Peopleconsul_id. Terima kasih

Tags: