Motivasi Bagi Karyawan

Pertanyaan :

Apa yang menyebabkan karyawan perlu diberi motivasi dari atasan? Bilamana/kapan karyawan bekerja dalam suatu perusahaan perlu dimotivasi? Apakah karyawan perlu dimotivasi secara terus-menerus? Mengapa?


Jawaban :

Jawaban;

Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. (wikipedia).

Dengan kata lain, karyawan membutuhkan dukungan motivasi jika dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya, Ybs mempunyai kendala untuk menentukan arah maupun dorongan (semangat) untuk melakukan aktivitas/kinerja untuk menghasilkan output/hasil yang diharapkan.

Atasan dan HR perlu melakukan analisa secara mendalam kepada karyawan Ybs, baik dengan cara diskusi maupun test kemampuan untuk menggali akar penyebab kebutuhan motivasi tersebut; instrinsic vs. extrinsic.

Artinya bahwa, perlu benar-benar diketahui mengapa karyawan tersebut membutuhkan dorongan motivasi: (1.) apakah karena kurang pengetahuan (knowledge) dalam melakukan suatu pekerjaan, (2.) kurangnya kemampuan (skills), atau (3.) permasalahan pribadi lainnya, seperti keluarga, lingkungan kerja, kejelasan arahan, dan lain-lain.

Hasil analisa tersebut akan menjadi dasar dalam memberikan motivasi, apakah perlu dilakukan dengan memberikan pelatihan motivasi, atau cukup dengan memberikan konsultasi (coaching dan counselling) secara berkala.

Sebagaimana manusia adalah mahluk yang dinamis, maka perubahan selalu terjadi dalam diri manusia, perubahan ke arah positif maupun negatif. Dengan demikian, atasan perlu selalu menjaga dan memberikan bantuan agar karyawannya tetap berkinerja baik dan secara berkala meningkatkan kinerja dan kemampuannya sesuai tugas dan tanggungjawab yang diharapkan.

Akhirnya, pada dasarnya semua karyawan membutuhkan perhatian, feedback di dalam bekerja yang biasanya diberikan dalam sesi coaching. Sebaiknya motivasi diberikan terus-menerus (meskipun seorang karyawan sudah bekerja dengan sangat baik sekalipun). Ini adalah salah satu bentuk usaha untuk memperkuat engagement karyawan kepada perusahaan.

Tags: