Menghadapi Politik Kantor

Pertanyaan :

Pertama, Terkait office politic. Apakah dalam prakteknya HR Department harus memainkan peranan dalam menjalankan office politic juga dalam membina hubungan dengan karyawan dan atau membuat setiap keputusan? Mengingat sebagai tugas dan fungsi dari HRD adalah sebagai Services Department dan penyeimbang hak dan kewajiban karyawan. Kedua, Bagaimana menyikapi office politic yang kuat di Intern Department sendiri maupun hubungan terhadap karyawan?


Jawaban :

Menurut saya, HRD tidak seharusnya turut memainkan peran dalam menjalankan office politic. Tapi HRD, khususnya unit Industrial Relations berperan dalam membangun working environment yang kondusif, baik dengan membangun budaya kerja, budaya sharing, working climate, working ethics, code of conduct, kebijakan dan peraturan perusahaan hingga perjanjian kerja bersama.

Hubungan antara manusia memang syarat akan terjadinya “politik”, namun perlu dijaga bahwa hubungan politik yang terjadi masih dalam batas wajar dan mendukung situasi kerja yang positif dan produktif. Undang-undang ketenagakerjaan pun tidak melarang terjadinya praktek “politik” dalam hal berserikat didalam lingkungan kerja. Secara lebih jauh mungkin dapat dibaca juga literatur-literatur organizational behavior. Terima kasih

Tags: ,