Menegakkan Disiplin Karyawan

Pertanyaan :

Langkah apa yang harus dilakukan untuk memberikan kedisiplinan karyawan dalam bekerja?


Jawaban :

Jawaban:

Kedisiplinan merupakan salah satu unsur yang dibangun banyak perusahaan dalam program pembangunan budaya kerjanya. Menyangkut proses pembangunan budaya, maka perlu dilakukan upaya pembentukan “kebiasaan” secara terus menerus hingga hal tersebut menjadi suatu hal yang tanpa sadar dilakukan, mengakar dan menjadi budaya perusahaan.

Program penciptaan “kebiasaan” disiplin tersebut dapat disertai dengan beberapa aktivitas kampanye seperti;

§ Acara-acara yang mengangkat tema kedisiplinan maupun mempunyai esensi penciptaan disiplin,

§ Pembubuhan nilai-nilai kedisiplinan pada name tag karyawan, spanduk, poster, maupun media komunikasi lainnya,

§ Memasukkan unsur kedisiplinan dalam parameter pengukuran kinerja, serta memberikan penghargaan bagi karyawan yang menunjukkan tingkat kedisiplinan tinggi atau sebaliknya memberikan sanksi bagi karyawan yang menunjukkan tingkat kedisiplinan rendah,

§ Memasukkan unsur-unsur kedisiplinan pada slogan atau himne perusahaan, dan membacakan/menyanyikannya pada acara-acara tertentu seperti meeting, dan lain-lain.

Ada baiknya kesdisiplinan dimasukkan ke dalam PKB atau peraturan perusahaan sehingga perusahaan lebih memiliki dasar yang kuat untuk menegakkannya tetapi yang lebih penting lagi adalah atasan sebagai leader yang memberikan contoh yang baik di dalam menegakkan sikap dan nilai kedisiplinan tersebut sehingga tidak hanya menjadi slogan di perusahaan.