Kiat-kiat Agar Tercipta Winning Team

Pertanyaan :

Perusahaan kami (kontraktor tambang batubara) baru eksis. Mohon bantuan Ibu untuk memberikan kiat-kiat strategi HR yang jitu agar kelak tercipta "the winning team". Terima Kasih Ibu


Jawaban :

Menjawab pertanyaan Anda mengenai memberikan kiat-kiat strategi HR yang jitu agar kelak tercipta “the winning team”, berikut  saya sampaikan pemikiran-pemikiran yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut:

1. Pertama-tama, perlu diketahui peta kekuatan dan limitasi (keterbatasan) setiap orang yang ada di unit kerja atau di dalam kelompok-kelompok yang ada di organisasi. Anda dapat melakukan sesi-sesi pertemuan kecil (kelompokkecil) untuk mendapatkan peta seperti ini. Tema pertemuan harus menggabungkan antara sesi pengenalan psikologi manusia bekerja dan dinamika kelompok. Lebih baik lagi jika kelompok-kelompok ini terdiri dari anggota lintas fungsi yang selevel.

2. Berikan kesadaran kepada peserta pertemuan untuk menerima dan menghargai kelebihan diri masing-masing dan rekan-rekan teamnya serta mengenali limitasi masing-masing. Giring mereka kepada pemahaman untuk saling mengisi keterbatasan masing-masing di dalam setiap penugasan formal maupun interaksi informal.  Saling ketergantungan (interdependensi harus menjadi niatan yang dikedepankan pada setiap kesempatan bahwa tidak ada seorang manusia pun di organisasi yang bisa hidup seorang diri, pasti saling membutuhkan)

3. Selanjutnya, ajak dan gugah para peserta untuk selalu berjalan beriringan menuju goal yang sama (working on common goal).

Selamat mencoba.