Job Description General Affair (GA)

Dear Dian Anggreta – Jogja,

Pada intinya job descriptions (job desc.) atau deskripsi pekerjaan dibuat sebagai panduan karyawan maupun perusahaan untuk memberi gambaran atas cakupan tanggungjawab serta dimensi suatu posisi atau pekerjaan. Dimensi pekerjaan meliputi fungsi utama, rincian aktivitas/tanggungjawab dan indikator kunci kinerja/output yang dihasilkan, kewenangan (finansial dan non-finansial), jumlah tim yang dikelola, pihak yang dilayani atau bersinggungan, kualifikasi si pemangku posisi/pekerjaan, hingga informasi grading maupun gaji dan benefit atas posisi/pekerjaan tersebut. Pendekatan terakhir bahkan setiap job desc. dibuat dengan sangat spesifik atas suatu tuntutan hasil atau out-put dalam sebuah organisasi atau perusahaan (baca: distinct job profile).

Terkait dengan hal tersebut, setiap posisi dalam perusahaan tentu disesuaikan dengan kondisi dan tuntutan di masing-masing perusahaan, karena idealnya setiap perusahaan mempunyai visi-misi, strategi, dan runtutan proses yang berbeda walau memang untuk perusahaan dalam industri sejenis akan memiliki kemiripan satu dengan yang lain.

Kembali kepada pertanyaan dari Dian tentang job. desc. GA, coba analisa kembali beberapa hal berikut;

– Perusahaan Anda bergerak dalam bidang apa? Analisa terhadap poin ini akan memberikan ada pemahaman kira-kira apa yang dituntut perusahaan atas posisi GA tersebut. Sebagai contoh; jika perusahaan konstruksi, oil & gas atau sejenisnya posisi GA tentu akan dituntut untuk melakukan pembelian/pengadaan peralatan kantor maupun kebutuhan pengerjaan proyek serta aktivitas perawatan atas hal tersebut. Atas hal tersebut juga, tentu posisi GA dituntut akan berhubungan dengan para supplier/vendor atas proses pengadaan tersebut (bidding, invoicing, dan sebagainya). Walaupun untuk proses pembayaran GA harus berhubungan dengan unit keuangan.

– Posisi GA berada di unit mana dalam struktur organisasi? Hal ini tentu akan memberikan Anda gambaran, kepada siapa GA ini berhubungan baik hubungan langsung maupun tidak langsung (atasan, bawahan, unit kerja satu direktorat, dst.)

Kedua point tersebut sebetulnya sudah cukup memberikan Anda gambaran atas tuntutan posisi GA tersebut, membandingkan dengan perusahaan kompetitor sejenis tentu juga akan sangat berguna. Kiranya demikian yang dapat saya sampaikan. Jika ada yang kurang jelas, jangan sungkan untuk kembali bertanya kepada kami. Thanks

 

Baca juga: File Job Description General Affair (GA) Manager

 

Tags: , ,