Human Job Analysis (HJA)

Pertanyaan :

Selamat pagi bapak/ibu

Saya ingin bertanya mengenai HJA (Human Job Analysis). Kebetulan di kantor saya akan melakukan praktek HJA dan saya yang diserahi untuk membuat konsep dan pelaksanaannya. Terus terang HJA itu masih sangat-sangat bagi saya. Di sini saya ingin meminta tolong bapak/ibu, seperti apa konsep HJA untuk perusahaan itu? Bagaimana penerapannya untuk perusahaan? Apabila bapak/ibu memiliki refrensi buku atau training mohon saya diinfokan ya pak/bu

Terima kasih banyak sebelumnya, jawaban Anda sangat saya tunggu.


Jawaban :

HJA merupakan pendekatan profiling terhadap pekerjaan yang dilakukan dengan tujuan untuk dengan cepat dan efektif mengidentifikasi perilaku kerja serta peranan berdasarkan tuntutan pekerjaan dan budaya perusahaan. Profiling atas pekerjaan tersebut dilakukan dengan menentukan persyaratan perilaku pekerjaan untuk mencerminkan spesifikasi kebutuhan organisasi, sebagai lawan dari klasifikasi pekerjaan generik. Hasil profiling akan berbedadari perusahaan ke perusahaan sebagai strategi bisnis dan budaya perusahaan mungkin berbeda meskipun jabatan mungkin sama.

Profiling ini dapat digunakan untuk; membuat job description yang lebih jelas, membuat job standard, serta melakukan analisa perbandingan antara pekerjaan dengan pemangku jabatan. Dari hasil profiling ini dapat tergambar job requirement atas sebuah posisi/pekerjaan, area development apa yang harus dipenuhi seseorang jika dibandingkan dengan tuntutan posisi/pekerjaan tersebut (gap analysis).

HJA ini biasanya digunakan sebagai pertimbangan dalam proses recruitment & selection, training & development, career guide, succession planning, coaching/mentoring, performance appraisal, serta benchmarking.

Mudah-mudahan dapat membantu menjawab pertanyaan Saudara, jika ada pertanyaan lain dapat disampaikan twitter saya @Rizki_Nugroho atau @Peopleconsul_id. Terima kasih

Tags: