Hak Karyawan Resign Menjelang Hari Raya

Pertanyaan :

Dear All, Saya ingin menanyakan tentang hak pengunduran diri. Apakah karyawan tetap yang mengundurkan diri pada bulan yang mendekati Hari Raya Idul Fitri berhak atas THR? karena ada beberapa perusahaan yang saya ketahui apabila ada karyawan yang resign pada bulan mendekati Hari Raya, perusahaan tersebut tidak memberikan THR. Mohon dapat segera diinformasikan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.


Jawaban :

Dear Ibu Nathali,

Jika mengacu kepada Peraturan Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia No. 04 Tahun 1994 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan, sebagai berikut;

Pasal 2, bahwa pengusaha wajib memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada pekerja yang telah mempunyai masa kerja 3 (tiga) bulan secara terus menerus atau lebih. Batasannya pun dipertegas kembali pada Pasal 6, yakni pekerja yang putus hubungan kerjanya terhitung sejak waktu 30 (tiga puluh) hari sebelum jatuh tempo Hari Raya Keagamaan, berhak atas THR. Dan THR tersebut tidak berlaku bagi pekerja dalam hubungan kerja untuk waktu tertentu yang hubungan kerjanya berakhir sebelum jatuh tempo Hari Raya Keagamaan.

Mengenai besaran THR dibahas pada Pasal 3, bahwa

Pekerja yang telah mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus menerus atau lebih sebesar 1 (satu) bulan upah.

Sedangkan pekerja yang telah mempunyai masa kerja 3 bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan diberikan secara proporsional dengan masa kerja yakni dengan perhitungan:

Masa kerja/12 x 1(satu) bulan upah. Dimana upah satu bulan tersebut adalah upah pokok ditambah tunjangan-tunjangan tetap.

Kira-kira demikian jawaban yang dapat saya sampaikan terkait THR. Semoga dapat menjawab pertanyaan yang diajukan. Terima kasih.

Tags: ,