Bingung dalam Keputusan Karir

Pertanyaan :

Berikut saya uraikan perihal yang dapat dijadikan bahan pertimbangan:

1. Saya telah bekerja di perusahaan ini total 13 tahun dengan pangkat staf dengan golongan saat ini IIID/4 :

a. Bidang Operasional / Tanaman 9 Tahun

b. Bidang Corporate Culture 2 Tahun

c. Bidang Audit Operasional 2 Tahun (2011 sd h.i)

2. Saya telah mengikuti 3 kali assesment dengan pernyataan dari pihak assesor bahwa saya sudah mumpuni di bidang tugas namun masalah kenaikan jabatan sepenuhnya adalah wewenang manajemen.

3. Selama bekerja saya tidak pernah mendapatkan sanksi kedisiplinan dan termasuk personil yang cukup aktif baik di dalam kedinasan, sosial perusahaan (menjadi anggota tim kerja/kepanitiaan) maupun interpersonal termasuk dengan para pimpinan seperti menjadi ketua panitia pernikahan anak-anak mereka.

Saya menyadari bahwa saya termasuk orang yang tidak mudah bersekongkol dan kritis terhadap hal-hal yang menurut saya dapat merugikan perusahaan mengingat perusahaan ini adalah BUMN.

Saya pernah mendapatkan tawaran jabatan yang lebih tinggi dengan pengorbanan idealisme dan mekanisme yang tidak elegan yang kemudian secara halus saya tidak hiraukan.

Saat ini saya mendapatkan tawaran pekerjaan di perusahaan swasta dengan jabatan yang lebih tinggi dan salary yang jauh lebih baik, namun banyak pendapat keluarga yang menyayangkan jika saya harus keluar dari pekerjaan saat ini, menurut mereka perubahan kondisi lingkungan kerja pasti akan ada perubahan.

Mohon pencerahannya. Terima kasih.


Jawaban :

Saya akan mencoba memberikan beberapa bahan pertimbangan karena pada akhirnya nanti Bapak yang paling tahu bagaimana yang terbaik untuk karir Bapak.

1. Adaptasi lingkungan kerja memang pasti akan selalu terjadi, tidak harus menunggu pada saat pindah kerja ke perusahaan lain tapi jika terjadi perubahan anggota di lingkungan kerja; seperti pergantian pimpinan, staf ataupun rekan kerja pastilah proses adaptasi terjadi. Bagaimana kita menyiapkan diri menghadapi hal ini itulah yang menjadi kuncinya.

2. Mungkin yang menjadi pertimbangan keluarga dan rekan-rekan Anda adalah masa pengabdian Anda yang sudah 13 tahun di BUMN, sehingga sangat sayang jika Anda tinggalkan ke swasta. Walaupun dengan tawaran kompensasi yang lebih baik.

3. Mengambil sikap untuk tidak mudah bersekongkol, kritis terhadap hal-hal yang dapat merugikan perusahaan serta pengorbanan idealisme dan mekanisme yang tidak elegan. Merupakan pilihan sikap yang baik, walaupun perlu juga dilihat situasi dan kondisinya. Seperti nasehat orang tua dahulu, pintar-pintarlah membawa diri di lingkungan kerja.

Dengar pertimbangan di atas saja, mungkin Anda dapat memilah baik dan buruknya dalam mengambil keputusan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tags: