Apakah Selama PKWT Terhitung Masa Kerja?

Pertanyaan :

Dear bapak, Saya seorang karyawan di oil & gas, saya masuk 1 desember 2009 sebagai PKWT, diangkat karyawan tetap 1 desember 2010. Yang mau saya tanyakan apakah selama PKWT tersebut tidak terhitung masa kerja? Apakah saya mempunyai hak pesangon atau yang lainnya atas PKWT selama 1 tahun tersebut jika memang masa PKWT tidak dihitung masa kerja? Thanks


Jawaban :

Dear Pak Haidi di Sekayu,

Pertama, kami ucapkan selamat atas pengangkatan Bapak sebagai karyawan tetap, semoga Bapak semakin sukses di tahun mendatang.

Memang banyak teman-teman yang menanyakan mengenai perhitungan Masa Kerja dengan perubahan status dari PKWT dan PKWTT.

Perhitungan masa kerja adalah dihitung sejak adanya hubungan kerja antara pekerja dan pengusaha atau sejak pekerja pertama kali mulai bekerja di perusahaan tertentu dengan berdasarkan pada Perjanjian Kerja. Hal ini merujuk pada Pasal 50 UU no 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (“UUK”) sebagai berikut:

“Hubungan kerja terjadi karena adanya perjanjian kerja antara pengusaha dan pekerja/buruh.”

(Bila memerlukan file lengkap UU no 13 tahun 2003, dapat di-download di sini-Red)

Perjanjian Kerja yaitu perjanjian antara pekerja/buruh dengan pengusaha atau pemberi kerja yang memuat syarat-syarat kerja, hak, dan kewajiban para pihak sebagaimana diatur dalam Pasal 1 angka 14 UUK. Menurut Pasal 56 ayat (1) UUK perjanjian kerja dibuat untuk waktu tertentu atau waktu tidak tertentu (“PKWT”) atau untuk waktu tidak tertentu ( “PKWTT”).

Dengan demikian pekerja dengan PKWT yang kemudian diangkat menjadi pekerja dengan PKWTT, selama masih dalam 1 (satu) perusahaan, masa kerja dihitung sejak pertama kali adanya hubungan kerja antara pekerja dan pengusaha.

Mudah-mudahan keterangan kami cukup jelas untuk dapat dipahami oleh Bapak, semoga Bapak selalu sukses dalam karir.

Salam,

Krisbiyanto

zp8497586rq
Tags: ,