Kerja 8 Tahun Tetap Kontrak, Mungkinkah?

Pertanyaan :

Batasan orang dapat dikontrak itu berapa kali ya? Soalnya ada beberapa teman sudah kerja 8 tahunan tetap saja (berstatus) kontrak. Kasus ini terjadi di dua perusahaan yang saya tahu mempunyai koperasi karyawan dengan staf yang di-outsource dari luar. Tiap 2 tahun ganti perusahaan outsourcing. Harusnya peraturannya bagaimana, dan bagaimana pula kontrol dari pemerintah dalam masalah ini?


Jawaban :

Sekarang ini banyak perusahaan yang mengambil kebijakan untuk mempekerjakan karyawan outsource karena risiko biaya lebih kecil dibandingkan mempekerjakan karyawan tetap. Masa kontrak maksimal 3 tahun dan hanya dapat diperpanjang satu kali saja. Dari sisi peraturan, perusahaan yang Anda ceritakan di atas telah mengikuti aturan yang berlaku karena kontrak hanya 2 tahun, dan 2 tahun kemudian memakai jasa outsourcing lain. Namun, dari sisi etika sebenarnya ini hanyalah akal-akalan agar dapat tetap mengikuti peraturan yang berlaku dengan risiko biaya yang lebih kecil.

Di masa sulit mendapatkan pekerjaan seperti sekarang ini memang tidak banyak pilihan bagi orang yang membutuhkan pekerjaan sehingga mereka mau bekerja dengan status kontrak "selamanya" untuk dapat bertahan hidup. Memang cukup memprihatinkan situasi yang kita hadapi ini.