Karyawan Outsourcing Kecelakaan dan Meninggal

Pertanyaan :

Karyawan outsourcing di perusahaan kami mengalami kecelakaan kerja dan rawat inap selama beberapa hari di rumah sakit, sampai akhirnya meninggal dunia saat dibawa pulang paksa oleh keluarga karena alasan biaya.

Kira-kira apa saja yang menjadi tanggung jawab perusahaan kami dalam kasus di atas. Untuk diketahui, bahwa kontrak kami dengan perusahaan outsourcing termasuk untuk pembayaran iuran jamsostek.

Terima kasih atas saran2nya.


Jawaban :

Bapak Anatar yang baik,

Saya turut prihatin dengan kejadian tersebut.

Pada prakteknya, memang sebaiknya klien membayarkan tunjangan jamsostek untuk pekerja outsource mereka, kepada pihak outsource. 
Dengan demikian, berarti sudah terjadi pemindahan kewajiban untuk pengurusan hal-hal seperti di atas, dari pihak klien kepada pihak ketiga, yaitu outsource company.

Pihak Bapak, sebagai klien sebaiknya memastikan bahwa pihak outsource telah memenuhi semua hak dari karyawan tersebut. Sebab terjadi kasus di salah satu klien kami, bank terkemuka, dimana salah satu vendor outsource tidak langsung membayarkan uang jamsostek yang diterimanya. Hal ini dikarenakan uang tersebut dipergunakan sementara untuk biaya operasional.

Selanjutnya, untuk alasan kemanusiaan, maka akan lebih baik jika perusahaan Bapak juga turut memberikan sumbangan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Farid Aidid