Karyawan Loyal Meminta Keadilan Perusahaan

Pertanyaan :

Saya memiliki kasus dengan perusahaan saya, Pak. Selama 3 tahun bekerja saya tidak diberi surat kontrak kerja dari perusahaan. Ketika diminta pun, mereka tidak menanggapi dengan serius. Setelah 2,5 tahun bekerja, saya masuk rumah sakit darurat dan dioperasi dengan biaya sekitar Rp 91 juta. Pada saat itu saya belum juga di-<I>cover</I> asuransi atau pun Jamsostek padahal masa kerja saya sudah 2,5 tahun. Akibat dari hal tersebut, saya harus menanggung sendiri seluruh biaya.

Beberapa waktu lalu saya mencoba untuk mengklaim ke perusahaan sejumlah biaya yang saya <I>compare</I> dengan <I>covering</I> asuransi yang sama dengan karyawan lain yang mendapatkan asuransi tersebut. Tapi, perusahaan pun menolak padahal hanya 20% yang seharusnya di-<I>cover</I> asuransi "apabila" saya sudah di-<I>cover</I> dari dulu-dulu. Kekecewaan saya terhadap hal ini sangat besar karena tanpa status yang jelas dengan loyalitas kerja saya dan biaya sekitar Rp 18 juta yang harus saya bayar padahal menurut saya itu kesalahan HRD yang tidak mengurus asuransi saya dan berbulan-bulan hanya memberi janji semu. Mohon bantuannya, Pak sekiranya ada saran yang bisa membantu saya.


Jawaban :

1. Hubungan antara Anda dengan perusahaan sudah merupakan hubungan kerja karena adanya 3 unsur: pekerjaan, upah, dan perintah, meskipun tidak ada perjanjian kerja tertulis.

2. Pasal 50 UU No 13 tahun 2003 berbunyi antara lain bahwa hubungan kerja terjadi karena adanya perjanjian kerja antara pengusaha dengan pekerja.

3. Pasal 51 ayat (1), UU No 13 tahun 2003 menyatakan bahwa Perjanjian Kerja dibuat secara tertulis atau lisan. Dalam kasus Anda, hubungan kerja telah terjadi dengan cara lisan.

4. Dengan adanya hubungan kerja antara Anda dengan pengusaha, maka semua ketentuan dalam peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan berlaku dalam hubungan kerja tersebut. Ini berarti Anda berhak atas hak-hak anda termasuk hak untuk diikutkan dalam program Jamsostek.

5. Dengan adanya hubungan kerja, maka pengusaha wajib mengikutsertakan Anda dalam program Jamsostek yang salah satu programnya adalah Jaminan Kesehatan Kerja.

6. Bicarakan terlebih dahulu kasus Anda dengan Bagian HRD di perusahaan. Bila mereka tetap tidak mengakui hak-hak Anda sebagai pekerja sehubungan dengan sakit Anda, Anda dapat melapor ke Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat. Instansi tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan hak-hak Anda berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.