Karyawan Dilimpahkan ke Perusahaan Baru dan PHK Karena Tes CPNS

Pertanyaan :

Saya bekerja di perusahaan swasta bergerak dalam bidang suplier alat listrik. Saya bekerja selama 5 tahun. Perusahaan tempat saya bekerja akan dilimpahkan ke orang lain berikut pegawainya. Hak apa yang saya dapatkan dari perusahaan yang lama? Apakah hanya sekedar oper begitu saja tanpa ada pesangon?


Jawaban :

Jika Anda bersedia bekerja di perusahaan baru, maka prosesnya memang pelimpahan tanpa pesangon dengan catatan masa kerja di perusahaan sebelumnya selama 5 tahun diperhitungkan. Artinya, Anda tidak memulai dari masa kerja nol.

Jika Anda tidak bersedia bekerja di peruahaan baru, maka Anda berhak mendapatkan pesangon, mengacu pada Pasal 163 ayat 1 UU No.13/2003 sebagai berikut:

"Pengusaha dapat melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap pekerja/buruh dalam hal terjadi perubahan status, penggabungan, peleburan, atau perubahan kepemilikan perusahaan dan pekerja/buruh tidak bersedia melanjutkan hubungan kerja, maka pekerja/buruh berhak atas uang pesangon sebesar 1 (satu) kali sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (2), uang penghargaan masa kerja 1 (satu) kali ketentuan Pasal 156 ayat (3) dan uang penggantian hak sesuai ketentuan dalam Pasal 156 ayat (4)."

SEKALIGUS menjawab pertanyaan dari Melisca: Jika karyawan yang sudah bekerja selama 3 tahun 1 bulan di-PHK karena mengikuti tes CPNS apakah berhak mendapatkan pesangon?

<B>Jawaban:</B> Sepanjang pengetahuan saya, tidak ada PHK yang disebabkan oleh karena mengikuti tes CPNS.