Implementasi Balanced Scorecard

Pertanyaan :

Saya HR Manager dari suatu perusahaan besar di Jawa Timur dan sekarang sedang mempelajari kemungkinan penerapan Balanced Scorecard di perusahaan. Apa saja yang perlu saya perhatikan agar implementasinya dapat berjalan baik?


Jawaban :

Terapkan BSC secara bertahap. Untuk perusahaan yang belum terbiasa menggunakan KPI sebagai indikator kinerja perusahaan maupun individu, sebaiknya mulai dari tingkat Direksi dulu atau 2 tingkat teratas di dalam perusahaan pada tahun pertama, dan lalu diteruskan dengan tingkat-tingkat dibawahnya pada tahun berikutnya. Ini untuk membantu pimpinan organisasi terbiasa dengan konsep BSC dan prosesnya, sehingga dapat membantu mengajarkan dan mengkomunikasikannya kepada stafnya dengan baik.

Dapatkan dukungan dan komitmen pimpinan perusahaan untuk menerapkannya. Diperlukan disiplin untuk mengumpulkan data, mengukur, memonitor demikian banyak KPI yang digunakan di dalam perusahaan, termasuk melihat hasilnya dengan objektif, maupun menerapkan sistem yang ada kepada pegawai yang belum terbiasa, atau bahkan enggan “diukur” kinerjanya. Ada perubahan “mindset” yang diperlukan dari pegawai untuk menjalankan BSC, dan akibatnya perlu dukungan dan komitmen pimpinan perusahaan untuk menjalankan semua ini.

Perhatikan integrasi BSC dengan sistem SDM yang lain. BSC tidak dapat berdiri sendiri, dan perlu dihubungkan dengan program SDM lainnya, seperti sistem reward maupun pelatihan dan pengembangan karir. Karena pegawai adalah manusia, sangat manusiawi sekali mereka akan bertanya, apa yang akan mereka dapatkan setelah mereka bersusah-payah berhasil mencapai sasaran kerja yang ditetapkan? Pencapaian target-target KPI-pun perlu ditunjang oleh kompetensi yang sesuai dari pegawai, dan pelatihan pun diberikan bila ada kesenjangan dari kompetensi yang diperlukan. Semuanya saling terkait.

Siapkan teknologi pendukung. Bayangkan, bila satu pegawai memiliki 10 KPI, bagaimana kita bisa mencatat, memonitor, menganalisa pencapaian target KPI dari perusahaan yang memiliki ratusan atau ribuan karyawan dengan efisien dan efektif? Perlu dukungan teknologi untuk menjalankan BSC dengan efisien dan efektif sehingga membantu kita membuat keputusan bisnis dengan baik dan cepat. Software-software seperti SAP, PeopleSoft, Oracle, Hyperion, dapat membantu kebutuhan tersebut.