HRIS Open Source (2)

Pertanyaan :

Dear Pak Naim,
Baru saja saya membaca jawaban Bapak atas pertanyaan tentang Open Source HRIS (HRIS Open Source). Terkejut juga, di era booming Open Source seperti sekarang dinyatakan belum ada alternatif untuk HRIS.

Tapi, setelah Googling, saya bisa bernafas lega. Ah, ternyata ada kok yang Open Source-nya.
Silakan kunjungi Orange HRM
Informasi tersebut saya peroleh dari Oszone

Hanya saja memang untuk implementasinya tidak sesederhana install-pakai.Perlu analisa dan kustomasi setepat mungkin sesuai kebutuhan kita.

Mungkin hal penting yang layak ditanyakan berikutnya, adakah contoh sukses company di Indonesia yang memakai open source HRIS tsb? Dan juga adakah komunitas OrangeHRM di Indonesia? Atau ini bisa jadi ladang bisnis baru, solution provider utk penerapan open source HRIS (dengan salah satu keunggulan minimized cost)?

Sekian sekedar masukan dari saya. Terima kasih atas perhatian Bapak.


Jawaban :

Dear Pak Zaki,

Terima kasih atas informasinya mengenai HRIS "Open Source" yang Bapak kirim kan ke saya. Buat saya ini merupakan hal yang baru, dan khususnya di Indonesia bisa dikatakan hal yang baru. Hanya saja saya melihat difinisi "Open Source" itu sendiri, dan saya quote dari Wikipedia di Website, dan difinisinya sbb:

"Open source describes practices in production and development that promote access to the end product’s source materials, typically, their source code."

Yang saya lihat di www.orangehrm.com, fungsi HR yang disediakan tidak sangat advanced dibandingan software HRIS yang ada di pasar. HRIS bukan hanya Personal Administration, Self Service dan Reporting saja, akan tetapi jauh lebih dari pada itu. HRIS banyak mencakup dari segi: Workforce Management, Remuneration Management, Talent Management sampai tahap HR Startegic dan Analysis reporting.

Dan benar sekali pernyataan Bapak Zaki, bahwa analisa dan kustomisasi yang diperlukan merupakan tanda tanya besar. Yang penting sebagai OpenSource provider adalah "Source Code" itu sendiri, dan bukan hanya software yang bisa di download dengn gratis. Dan berkesan provider ini menyediakan services cost yang tidak murah dan juga menyediakan ASP atau Application Service Provider atau System Out Sourcing.

Buat analisa saya pribadi, Cost atau Biaya bukan hanya dilihat dari berapa besar investasi yang kita keluarkan, akan tetapi Benefit atau keuntungan yang didapat dengan mempergunakan HRIS yang ada. Software yang paling mahal bukan berarti paling bagus, namun tantangan yang ada terhadap organisasi adalah memilih HRIS yang cocok dengan keperluannya.

Terima kasih atas perhatiannya.