HRIS, Bagaimana Masa Depannya?

Pertanyaan :

Saya ingin menanyakan bagaimana HRIS itu di masa depan, kemudian juga apakah ada alternatif HRIS opensource, karena kebetulan perusahaan kami lebih memilih untuk mengembangkan sendiri daripada membeli produk HRIS. Terima kasih.


Jawaban :

HRIS (Human Resource Information System) merupakan kebutuhan di semua organisasi baik skala perusahaan kecil, menengah dan besar saat ini. Kebutuhan HRIS biasanya dilihat berdasarkan kompleksitas HR operasional atau business proses yang ada. Ada pilihan bagi perusahaan untuk membangun HR system sendiri atau membeli paket yang sudah siap dipasar. Sebenarnya tidak ada jawaban benar atau salah untuk memilih kedua pilihan tersebut. Saya coba untuk memberi gambaran:

Untuk membangun HRIS sendiri, keuntungannya: – Business proses yang dibangun sangat spesifik untuk kebutuhan perusahaan itu sendiri. – Investasi awal yang cenderung lebih kecil.

Kekurangan dari membangun HRIS yang kemungkinan akan terjadi:- Harus memiliki sumber daya manusia yang mengerti IT lebih banyak, khususnya di bidang Software Development. – HRIS yang sudah dibangun biasanya dikuasai oleh pihak atau orang tertentu saja, sehingga perusahaan akan menemui kesulitan jika orang tersebut tidak ada. – Lamanya implementasi yang susah untuk prediksi atau diukur. – Lebih reaktif untuk memenuhi kebutuhan HR departemen, sehingga pembangunan HR system akan terganggu dengan maintenance system nya.

Sedangkan untuk menggunakan system paket HRIS, keuntungannya:- Dapat mempergunakan "HR Best Practice", yang merupakan bagian dari software yang ditawarkan. – Mendapatkan support yang lebih terjamin dari penyedia Software nya, bukan dari perseorangan. – Proses implementasi yang dapat lebih terukur berdasarkan kemampuan dan pengalaman implementornya. – Memiliki data HR yang terintegrasi di beberapa business process.

Adapun kekurangan dari Paket HRIS adalah:- Investasi cenderung lebih besar di awal. – Keterbatasan atas flexibilitas dari Software atau HRIS yang akan dipergunakan.

Namun kalau kita melihat untuk kedepannya, banyak perusahaan yang sudah dan mulai mempergunakan HRIS yang merupakan paket yang sudah siap. Hal ini disebabkan business proses lain di perusahan tersebut sudah mempergunakan paket software yang sudah siap, banyak disebut paket ERP (Enterprise Resource Planning). System ERP yang terintegrasi itu sudah mencakup: Keuangan, Pembelian, Penjualan, Produksi, Perawatan sampai dengan Sumber Daya Manusia. Dan didalam paket SDM di ERP, sudah mengakomodasi seluruh business proses HR mulai dari Perencanaan, Rekruitmen, Personalia, Absensi, Penggajian, Pelatihan, Evaluasi Kinerja, sampai dengan laporan yang bersifat operasional, analisis dan juga strategis.