Sulit Merekrut Kandidat IT

Pertanyaan :

Saya telah bekerja menjadi staff HR lebih dari 2 tahun tetapi fungsi yang saya lakukan tidak terlalu banyak berhubungan dengan kegiatan HR lagi untuk sekarang ini, dikarenakan kondisi perusahan yang memang habis mengalami masa kerugian yang berkepanjangan maka untuk perekrutan tidak sering dilakukan. Perusahaan yang saya diami sekarang bergerak di dunia IT, dan dunia IT tidaklah terlalu luas serta selalu berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Jadi ketika 1 perusahaan mengalami suatu kejadian maka akan tersiar kabarnya dengan cepat/mudah diketahui. Hubungan dengan pertanyaan saya adalah sekarang ini perusahaan sedang berusaha mengembangkan lagi keadaan yang ada dan membutuhkan beberapa kandidat untuk memenuhi kualifikasi yang ada, serta menurut saya pun kualifiaksi tidak berat. Tetapi untuk CV screen sekarang ini pun saya mengalami sedikit kesulitan untuk mendapatkan kandidat, sudah pasang iklan di JOBSTREET, info dari mulut ke mulut, serta meminta bantuan dari kenalan masih belum bisa mendapat kandidat yang sesuai. Pertanyaan saya apakah adakah hubungan antara kesulitan saya dalam mencari kandidat yang diinginkan dengan kondisi perusahaan yang pernah jatuh? Usaha apa lagi yang harus saya lakaukan dalam mencari kandidat selain usaha tersebut? Saya mohon Ibu/Bapak bersedia menjawab pertanyaan saya di atas. Untuk perhatiannya saya ucapkan banyak terimakasih.


Jawaban :

Ibu Lia yang budiman,
Kesulitan yang Anda alami adalah kesulitan yang biasa terjadi di negeri kita yang tercinta ini dan biasa berlaku di beberapa industri yang mapan sekalipun. Ini gejala yang memang masih aneh bagi kita semua dimana begitu besarnya supply tenaga kerja di pasar tenaga kerja Indonesia tetapi nyatanya sulit bagi kita semua untuk menemukan the best fit dan potential bagi jenis usaha tertentu.

Biasanya saya menyarankan agar perusahaan menentukan persyaratan (bagi si pemegang jabatan) yang realistis sesuai kondisi dan perkembangan usaha serta kemampuan perusahaan dalam memberikan kompensasi.

Jika kemudian yang diperlukan bukan seseorang yang  begitu superstar karena memang perusahaan belum membutuhkan sekaliber itu dan buying power juga terbatas, maka pencarian tenaga kerja pun harus sesuai pada kelompok pasar tenaga kerja sebagaimana kebermampuan perusahaan.

Mungkin bisa saja melakukan pencarian pada media-media atau sumber-sumber pemberi jasa tenaga kerja yang setara dengan kebermampuan perusahaan, semisal dengan pemasangan iklan pada koran-koran yang skalanya masih sekelas dengan kondisi perusahaan atau radio, perekrutan melalui referral pegawai di dalam, rekrut dari kampus atau institusi pendidikan bidang IT dlsb, atau bekerja sama dengan konsultan penyedia jasa rekrutasi yang skala usahanya juga tidak begitu besar tetapi mereka memiliki data tenaga kerja pada kelas kompetensi menengah.

Selamat mencoba dan salam sejahtera untuk Anda.

Mira G Widagdo