Kandidat Cadel di mata Interviewer

Pertanyaan :

Salam kenal untuk ibu Wiwiek. Saya ingin menanyakan posisi pelamar yang "cadel" bagaimana di mata interviewer. Dalam kasus ini saya sering gagal di fase wawancara akhir sangat sering malah, tetapi tidak pada psikotes maupun FGD. Saya sedih, padahal saya punya background pendidikan dan organisasi yang lumayan juga communication skill bagus. Bukan berarti saya beralasan, namun saya sudah survey kecil-kecilan tentang kekurangan saya yang tak mungkin bisa dirobah.  Seolah peluang saya itu satu banding seribu (1/1000) dibanding orang lain yang bisa saja satu interview satu pekerjaan (1/1). Terima kasih atas jawabannya ibu. :)


Jawaban :

Salam kenal juga..

Untuk beberapa macam pekerjaan memang tak bisa dipungkiri ada persyaratan penampilan termasuk juga cara berbicara, terutama untuk pekerjaan yang banyak berhubungan dengan banyak pihak seperti sales, marketing, public relation customer service, petugas front office di banking hall. Namun di luar itu masih sangat banyak jenis pekerjaan yang tidak memerlukan persyaratan penampilan dan kemampuan berbicara.

Pilihlah jenis pekerjaan yang tidak menuntut untuk bertemu dengan banyak orang yaitu pekerjaan di belakang meja, analis, dll. Sayang Anda tidak menyebutkan bidang keahlian Anda sehingga saya tidak bisa memberikan saran spesifik terkait pekerjaan yang bisa sesuai dengan Anda.

Jadi, jangan berkecil hati berpikirlah positif  hal ini akan tercermin pada penampilan Anda yang energik, optimis dan pada akhirnya akan menyebarkan energi positif pada orang-orang di sekitar Anda, termasuk pada interviewer.

Tetap semangat!!

Salam hangat,

‘Wiek

Tags: ,