Alat Psikotest Apa yang Pas untuk Karyawan Pabrik?

Pertanyaan :

SAYA baru di bidang HRD dan ketika masuk banyak sekali sistem HR yang harus dibenahi salah satunya mengenai rekrutmen. Kami perusahaan yang sedang berkembang dan membutuhkan karyawan yang cukup banyak untuk posisi di pabrik seperti produksi, QC dan engineering. Kami tidak bekerja sama dengan pihak luar untuk masalah rekrutmen, sehingga semua perekrutan dilakukan secara internal dan mandiri. Kira-kira alat psikotest apa yang pas digunakan untuk karyawan pabrik? Supaya dari segi ketahanan mental dan personality dapat terukur dengan baik ?  Mohon masukannya. Terima kasih.


Jawaban :

SALAM SEJAHTERA. Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Untuk melaksanakan kegiatan tes pegawai di pabrik memang perlu ditentukan terlebih dahulu kriteria kompetensinya. Jika kegiatan tersebut diselenggarakan secara mandiri dan tidak menggunakan konsultan memang ada keuntungannya juga, yang antara lain team SDM akan semakin tajam dalam menghadapi kasus-kasus pengetesan dan diagnosa kompetensi pegawai di masa mendatang.

Namun tantangannya adalah, dari segi waktu yang didedikasikan untuk kegiatan rekrutmen dan seleksi menjadi lebih banyak. Bisa dipahami karena untuk melakukan kegiatan administrasi tes, skoring sampai dengan evaluasi hasilnya sangatlah menyita waktu.

Mengenai alat test yang tersedia, sebenarnya sangat banyak pilihannya. Yang terpenting adalah penetapan atau persyaratan kompetensi pegawai di pabrik.

Mungkin masukan ini bisa membantu Anda, misalnya dengan menjadikan kriteria kesiapan menerima tantangan untuk bekerja fisik dan mental di lapangan, inisiatif, kepatuhan, kerjasama, komunikasi dlsb. Sebaiknya gunakan beberapa metode psikotes, yakni tes yang dapat menjaring ability, mungkin jika diperlukan dengan tambahan technical mechanical test, test kepribadian dan daya tahan menghadapi situasi kerja penuh tekanan.

Jika perlu, berikan work sample test yang bisa dikembangkan bersama-sama users di perusahaan. Pilihlah test yang tidak memerlukan waktu yang panjang untuk mengerjakannya, mengingat jumlah peserta yang biasanya massal.

Jika di tempat kerja Anda sekarang ada seorang atau dua orang psikolog yang bekerja, maka pilihan alat test sangat bervariasi. Tetapi, jika perusahaan tidak memiliki tim rekrutmen yang berlatar belakang psikolog, maka alat alat test yang dapat digunakan menjadi sangat terbatas.

Untuk itu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan perguruan tinggi di kota setempat yang memiliki jurusan psikologi. Hal ini untuk mengetahui tata cara dan etika pembelian dan penggunaan alat alat tes psikologi seperti yang Anda butuhkan.

Selamat Berkarya.

Tags: , ,