Sudah 5 Tahun Menjadi Karyawan Harian Lepas

Pertanyaan :

Saya karyawan tenaga lepas harian sebuah koperasi di Indonesia divisi penagihan, jenis pekerjaan saya tergantung perpanjangan proyek yang didapat tetapi lama kerja saya sudah lebih dari lima tahun, apakah status saya ini?Apakah status pekerja kontrak atau mungkin tetap? dan hak apa yang didapat? (terima kasih)


Jawaban :

Jawaban:

Keputusan Menteri Tenaga Kerja Nomor : KEP.100/MEN/VI/2004, Pasal 10 mengatur tentang pekerja harian lepas bahwa waktu kerja harian lepas per bulan harus kurang dari 21 hari. Bila pekerja harian lepas selama 3 bulan berturut-turut bekerja lebih dari 21 hari, maka status hubungan kerja menjadi hubungan kerja waktu tertentu. Peraturan perundang-undangan tidak membatasi berapa lama hubungan kerja harian lepas berlangsung, asalkan setiap bulan dipenuhi syarat yaitu bekerjanya kurang dari 21 hari.
Hak normatif yang didapat antara lain adalah upah tidak boleh lebih rendah dari UMP, dan wajib diikutsertakan dalam program Jamsostek oleh perusahaan, cuti 12 hari kerja bila sudah bekerja selama 12 bulan berturut-turut, THR ketika menjelang hari raya keagamaan.

Tags: ,