Pesangon Beda dalam Satu Manajemen

Pertanyaan :

Dear Pak Bambang, Saya ingin meminta jalan keluar yang terbaik. Ceritanya begini : Kita ada dua PT dalam satu manajemen. PT nya letaknya bersampingan dan PT. A (sebutan nama PT) mereka maju dalam arti benefit yang diterima ke perusahaan bagus dan PT. B (sebutan nama PT kedua) benefitnya menurun. PT. A diberikan pesangon oleh pimpinan dan PT. B tidak diberikan pesangon karena masing-masing karyawan akan di PHK yang tidak produktif sedangkan PT. A diberikan karena mereka produktif. Akan tetapi PT. B mencari-cari masalah sampai ke serikat buruh supaya mereka diberikan pesangon seperti PT. A. Permasalahannya dari perusahaan kami tidak ada surat perjanjian kerja (karyawan kontrak or tetap) dari awal. Dari pihak Owner tidak bisa memberikan pesangon. Dan untuk PT. B mereka tidak produktif dan ingin diberikan SP3 supaya mereka tidak berhak mendapatkan pesangon akan tetapi kita tidak ada surat perjanjian kerja. Selama ini PT. B hanya mentukan diperpanjang atau tidak by lisan bukan by surat perjanjian diatas materai. Apa yang harus saya perbuat ya untuk kasus seperti ini? Mohon bantuannya supaya permasalahan ini bisa terselesaikan dengan baik. Regards


Jawaban :

Jawaban:

Pada PT B, telah terjadi suatu hubungan kerja antara perusahaan dengan pekerjanya meskipun tidak ada perjanjian kerja secara tertulis. Bila PT B akan memPHK pekerjanya dan bila alasan PHK tersebut bukan karena pekerja melakukan kesalahan berat (berjudi, mencuri milik perusahaan, mengancam pengusaha, dll) maka PT B wajib memberikan Uang Pesangon, Uang Penghargaan Masa Kerja, Uang Penggantian Hak sebagaimana diatur dalam Pasal 156, UU 13 tahun 2003.

Bila Anda sebagai pekerja PT B, laporkan kasus anda ke Dinas Tenaga Kerja setempat untuk mendapatkan bantuan penanganan masalah Anda.

Tags: ,