Perjanjian Kontrak Tenaga Medis

Pertanyaan :

Salam hormat, saya adalah tenaga medis di RS, yang ingin saya tanyakan: 1. Apakah tenaga medis termasuk dalam perjanjian PKWT atau PKWTT? 2. Adakah UU yang memuat tentang perjanjian kontrak tenaga medis? terima kasih..  


Jawaban :

Dear Pak Ade Kurniawan,

Salam hormat juga Pak, kami akan coba jawab langsung pertanyaan Bapak sebagaimana point berikut ini:

1. Tenaga medis dapat termasuk dalam kedua perjanjian, baik PKWT maupun PKWTT, hal ini melihat kepada jangka waktu selesainya suatu pekerjaan, sesuai dengan Pasal 56 UU No 13 tahun 2003 sebagai berikut:

(1) Perjanjian kerja dibuat untuk waktu tertentu atau untuk waktu tidak tertentu.

(2) Perjanjian kerja untuk waktu tertentu sebagaimana dimaksud dalam ayat (1) didasarkan atas :

a. jangka waktu; atau

b. selesainya suatu pekerjaan tertentu.

Perlu diingat bahwa Tenaga Medis yang menggunakan Perjanjian Kerja Waktu Tertentu juga diatur dalam Pasal 57, 58 dan 59 UU No 13 tahun 2003, dimana pada umumnya perusahaan akan melihat kepada Pasal 59 UU No 13 tahun 2003 sebagai pertimbangan untuk menggunakan PKWT atau PKWTT. Inti dari pasal 59 UU No 13 tahun 2003 terdapat dalam ayat (1) dan ayat (2) sebagai berikut:

(1) Perjanjian kerja untuk waktu tertentu hanya dapat dibuat untuk pekerjaan tertentu yang menurut jenis dan sifat atau kegiatan pekerjaannya akan selesai dalam waktu tertentu, yaitu :

a. pekerjaan yang sekali selesai atau yang sementara sifatnya;

b. pekerjaan yang diperkirakan penyelesaiannya dalam waktu yang tidak terlalu lama dan paling lama 3 (tiga) tahun;

c. pekerjaan yang bersifat musiman; atau

d. pekerjaan yang berhubungan dengan produk baru, kegiatan baru, atau produk tambahan yang masih dalam percobaan atau penjajakan.

(2) Perjanjian kerja untuk waktu tertentu tidak dapat diadakan untuk pekerjaan yang bersifat tetap.

2. Mengenai UU yang memuat tentang perjanjian kontrak tenaga medis, sepanjang pengetahuan kami tidak ada. Namun untuk ketentuan secara umum selain pasal 57, 58 dan 59 UU No 13 tahun 2003, mengenai perjanjian kontrak atau PKWT diatur dalam Kepmenaker No 100 tahun 2004. Sedangkan pengaturan secara khusus bagi tenaga medis dapat Pak Ade lihat di Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 1199/MENKES/PER/X/2004 Tentang Pedoman Pengadaan Tenaga Kesehatan dengan Perjanjian kerja di sarana kesehatan milik pemerintah. Kalau milik swasta biasanya kembali ke Kepmenaker No 100 tahun 2004 diatas.

Demikian pendapat kami semoga dapat membantu Pak Ade Kurniawan.

Selamat berkarya.

David Tampubolon

Tags: ,