Kerja 9 Bulan Tanpa Tanda Tangan Kontrak

Pertanyaan :

Saya bekerja selama 9 bulan terhitung Maret 2013 sampai Desember 2013. Selama itu saya tidak pernah menandatangani kontrak kerja atau apapun. Bulan Agustus saya dapat THR sesuai perhitungan bulan. Bulan Desember tanggal 31 saya dapat surat PHK karena efisiensi. Saya ingin bertanya apakah saya berhak mendapatkan pesangon? Dan sampai saat ini 10 Januari 2014 gaji saya Desember belum dibayarkan. Mohon Penjeasannya. Thx


Jawaban :

Perihal kontrak kerja atau perjanjian kerja adalah hal yang substansial dan wajib ditandatangani bersama antara pemberi kerja dan pekerja. Jika dari awal perjanjian kerja tidak terjadi, maka akan banyak kesulitan di belakang terutama berkaitan dengan masalah legal sumber daya manusia.

Tanpa adanya perjanjian kerja yang tertulis, sebenarnya pekerjaan masih sah namun tidak terlindungi di mata hukum, dan tidak mengherankan seandainya yang terjadi adalah “suka-suka” salah satu pihak, misalnya masalah komitmen yang terkait dengan hubungan pemberi kerja dan pekerja.

Perusahaan selaku pemberi kerja yang tidak memberikan perjanjian kerja yang melakukan PHK pada pekerjanya tidak dapat dituntut pesangon oleh pekerjanya. Pun akan diberikannya gaji atau pesangon, akan sangat bergantung pada keputusan perusahaan yang memperkerjakan pegawai tanpa perjanjian kerja.

Demikian, semoga bermanfaat.

Tags: , ,