Hak Cuti Berbarengan dengan Habis Kontrak

Pertanyaan :

Mohon untk penjelasannya Pak dengan permasalahan SBB : Jika karyawan masuk kerja tgl 01 Januari 2011 dan habis kontrak kerja tgl 31 Desember 2011. Jika tidak diperpanjang kontrak kerja, bagaimanakah untuk perhitungan kompensasinya. Apakah cuti tahunan dibayarkan/tidak, mengingat timbulnya hak cuti berbarengan dengan habis kontrak kerja. Demikian terima kasih atas penjelasannya salam, RAS


Jawaban :

Jawaban:

Hal yang ditanyakan merupakan situasi yang sering terjadi dalam praktek. Peraturan perundang-undangan tidak mengatur tentang hal tersebut. Di satu sisi, undang-undang mengatur hak cuti bagi pekerja bila telah bekerja selama 12 bulan berturut-turut. Di sisi lain, putusnya hubungan kerja karena berakhirnya masa kontrak adalah putus demi hukum, tidak mewajibkan perusahaan membayar kompensasi apapun.

Solusinya, perusahaan bebas memilih: tidak memberikan kompensasi apapun (karena tidak ada aturannya), atau perusahaan memberikan kompensasi berupa pembayaran sebesar 12/21 X upah sebulan. Beberapa perusahaan memberikan kompensasi berupa satu bulan upah. Dua cara yang terakhir merupakan diskresi/kebijaksanaan perusahaan.

 

Tags: ,