Aturan Khusus mengenai SP

Pertanyaan :

Apakah ada aturan khusus yang mengatur tentang pemberian SP? Berapa lama SP berlaku dan Sanksi apa yang bisa diberikan kepada karyawan sesuai SP yang diterima?


Jawaban :

Dear Pak Nasri,

Saya akan coba menjawab pertanyaan yang Pak Nasri tanyakan sebagai berikut:

1. Apakah ada aturan khusus mengenai SP? Berapa lama SP berlaku? Ada, dalam UU No 13 tahun 2003 terutama Pasal 161 beserta penjelasannya. Lebih lanjut silahkan dibaca di: Karyawan Menolak Surat Peringatan.

2. Sanksi apa yang bisa diberikan kepada karyawan sesuai SP yang diterima? Hal ini tidak diatur secara detail dalam UU No 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Hanya ada dalam Penjelasan Pasal 161 ayat 2 point ke enam menyatakan “Perjanjian kerja atau peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama dapat memuat pelanggaran tertentu yang dapat diberi peringatan pertama dan terakhir.” Ini artinya adalah pengaturan sanksi apa yang bisa diberikan diatur secara detail dalam Perjanjian Kerja atau Peraturan Perusahaan atau Perjanjian Kerja Bersama.

3. Dalam memberikan SP mohon pertimbangan untuk membaca salah satu pengalaman berikut ini: Menghadapi Karyawan yang sering sakit.  

Demikian pendapat kami semoga dapat membantu Pak Nasri. Selamat berkarya.

David Tampubolon

Tags: ,