Apakah Usaha Katering Juga Mengikuti Aturan Umum?

Pertanyaan :

Saya bekerja di perusahaan yang menyediakan jasa pengaturan nutrisi dan katering khusus.Yang mau saya tanyakan, apakah sektor usaha kami diatur khusus jam kerjanya atau mengikuti peraturan umum :KEPUTUSAN MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR KEP. 102/MEN/VI/2004TENTANG WAKTU KERJA LEMBUR DAN UPAH KERJA LEMBUR MENTERI TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA ?


Jawaban :

Undang-Undang No 13 tahun 2003, pasal 1 angka 6.a memberikan definisi tentang perusahaan sebagai berikut: setiap bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak, milik orang perseorangan, milik persekutuan, atau milik badan hukum, baik milik swasta maupun milik negara yang mempekerjakan pekerja/buruh dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.
Dari informasi anda, perusahaan tempat anda bekerja hampir dapat dipastikan merupakan bentuk usaha, bukan badan hukum, milik perorangan, mempekerjakan pekerja dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain. Dari fakta tersebut, maka perusahaan tersebut harus tunduk kepada semua ketentuan dalam peraturan-perundang-undangan ketenagakerjaan.