Upah Selama Masa Persiapan Pensiun (MPP) dan Dasar Perhitungan Pesangon

Pertanyaan :

Saya bekerja di perusahaan swasta dan dalam aturan yang ada, tercantum dalam PKB bahwa terdapat masa persiapan pensiun pada 1 tahun terakhir, dimana pekerja yang memasuki masa persiapan pensiun dalam 6 bulan terakhir dibebastugaskan dari pekerjaan.  Selama dibebastugaskan tersebut, gaji yang diterima hanya Gaji Pokok dimana tunjangan yang mengikuti dihentikan pembayarannya. Dengan kondisi tersebut maka gaji yang diterima terakhir hanya gaji pokok dan pembayaran kompensasi pesangon pensiun hanya dihitung dengan dasar Gaji Pokok. Mohon informasinya, apakah aturan dan ketentuan tersebut dibenarkan secara undang-undang. Salam,


Jawaban :

Jawaban:

Terlampir Pasal-pasal yang relevan dari UU No. 13  tahun 2003 yaitu Pasal 167, 156, dan 157 yang dapat dipakai untuk menjawab pertanyaan berikut ini:

Dalam Pasal 167 ada beberapa aturan sebagai berikut:

1. Pengusaha telah mengikut sertakan pekerjanya di dalam Program Pensiun yang iurannya dibayar penuh oleh Perusahaan. Dalam hal demikian, pekerja tidak berhak atas Pasal 156 ayat (2) dan (3) tetapi tetap berhak atas ayat (4) Lihat Lampiran Pasal2 dimaksud dalam UU no. 13 di sini.

2. Apabila uang pensiun lebih kecil dari pesangon maka selisihnya dibayar Perusahaan.

3. Apabila Iuran Pensiun dibayar oleh Perusahaan dan Pekerja, maka yang diperhitungkan dengan Pesangon adalah uang pensiun yang preminya dibayar oleh Perusahaan.

4. Apabila Perusahaan tidak mengikut sertakan pekerjanya pada Program Pensiun maka Perusahaan wajib membayar 2 X Pasal 156 ayat (2), 1 X Pasal 156 ayat (3), dan 1 X Pasal 156 ayat (4). Lihat Pasal2 dimaksud di sini.

Adapun Upah untuk maksud tersebut di atas diatur dalam Pasal 157 yang cukup jelas yaitu Upah Pokok PLUS Tunjangan Tetap.

Pertanyaannya adalah apakah di Perusahaan Anda ada Tunjangan Tetapnya. Bila ada maka Tunjangan dimaksud termasuk dalam definisi Upah untuk pembayaran Pesangon sesuai dengan Pasal 157 UU No. 13 tahun 2003.

Salam,

Ralph

 

 

Tags: , , ,