Terhitung Mulai Kapan Karyawan Menerima Gaji

Pertanyaan :

Hak karyawan yang sudah tanda tangan kontrak, terhitung mulai kapan mereka menerima gaji, apakah dihitung mulai tanda tangan kontrak atau terhitung mulai mereka bekerja. dan apakah karyawan yang sudah habis masa berlaku PKWT -1 dan amandement dilanjut dengan kontrak baru, apakah karyawan tersebut berhak mendapatkan pesangon atau kompensasi?


Jawaban :

Dear Ibu Syofnita Novaria Amrino di Duri,

1. Mengenai tanggal efektif bekerja, kita dapat menggunakan prinsip “no work no pay” sehingga bila orang tersebut bekerja maka ia berhak untuk menerima gaji. Jadi mengenai pertanyaan yang Ibu ajukan untuk menghitung gajinya adalah sejak karyawan mulai efektif bekerja bukan pada saat tanda tangan kontrak, karena biasanya karyawan tanda tangan kontrak terlebih dahulu sebelum karyawan mulai bekerja. Hal ini tentu akan kita abaikan bila ternyata tanggal tanda tangan kontraknya adalah sama di hari pertama karyawan bekerja sehingga sama saja tanggal awal untuk menghitung gajinya.

2.  Mengenai amandement PKWT jawabannya sudah ada dalam tulisan saya di topik “Masa Jeda Karyawan PKWT” dan tulisan saya yang lebih lengkap mengenai PKWT di topik “Kerja Beberapa Tahun Masih Kontrak” sehingga apabila masih dalam koridor atau ketentuan PKWT maka tidak ada pesangon atau kompensasi karena masih PKWT. Kecuali melampaui ketentuan PKWT sehingga dapat timbul pesangon atau kompensasi karena PKWTnya dilanggar.

Tags: , ,