Sistem Grading dan Penggajian di Bank

Pertanyaan :

Selamat siang, saya diberi tugas untuk membuat sistem penggajian di kantor saya, jika boleh saya ingin mengetahui bagaimana sistem grading dan penggajian yang lazim diberlakukan pada sebuah bank, dari level teratas, bagian marketing, bagian operasional sampai dengan OB/sekuriti. Harapan saya, agar sistem penggajian yang baru bisa mengakomodir hak setiap bagian. Terima kasih.


Jawaban :

Sistem penggajian di bank umumnya dilakukan berdasarkan data dari hasil benchmarking atau yang sering disebut dengan salary survey yang dilakukan oleh konsultan independen.

Hasil benchmarking akan memberikan data statistik untuk setiap posisi dan grade dari seluruh bank-bank yang mengikuti survey tersebut.

Kemudian masing-masing Bank akan membuat sistem penggajiannya yang mengacu pada Reward strategy-nya yang selaras dengan strategi perusahaan.

Umumnya sistem penggajian di Bank sudah lebih terstruktur karena Struktur organisasi Bank sudah lebih ‘steady’ karena memang perbankan umumnya sudah lama berdiri dan memiliki aturan-aturan yang lebih ketat dan patuh terhadap kebijakan dari regulator terkait.

Saran saya, sebaiknya dalam membuat struktur penggajian dari perusahaan adalah mengacu kepada strategi perusahaan, struktur organisasi perusahaan dan kondisi finansial perusahaan.

Semoga membantu.

 

Tags: , , ,