Pesangon Setelah 20 Tahun Bekerja

Pertanyaan :

Salam hormat, Mohon informasi cara menghitung pesangon, mengundurkan diri dari perusahaan tempat saya bekerja. Masa kerja : 1992-2012, 20 tahun (Sampai sekarang masih bekerja September 2012) Berkeluarga : Anak 4. Demikian, terima kasih atas bantuannya.


Jawaban :

Salam,

Sayang sekali Anda mengundurkan diri dengan masa kerja yang sudah lama, 20 tahun.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, mengacu pada UU ketenagakerjaan no 13/2003 karyawan yang mengundurkan diri tidak mendapatkan pesangon maupun penghargaan masa kerja.

Yang didapat adalah uang pisah yang besar dan pelaksanaannya diatur sendiri oleh perusahaan. Di samping itu Anda mendapatkan penggantian hak sbb:

1.       Cuti tahunan yang belum diambil dan belum gugur

2.       Biaya atau ongkos pulang untuk pekerja/buruh dan keluarganya ke tempat dimana pekerja/buruh diterima bekerja;

Berikut saya sertakan pasal 162 :

Pasal 162

1.   Pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri, memperoleh uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4).

2.  Bagi pekerja/buruh yang mengundurkan diri atas kemauan sendiri, yang tugas dan fungsinya tidak mewakili kepentingan pengusaha secara langsung, selain menerima uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4) diberikan uang pisah yang besarnya dan pelaksanannnya diatur dalam perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama.

3.   Pekerja/buruh yang mengundurkan diri sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi syarat :

a.     Mengajukan permohonan pengunduran diri secara tertulis selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal mulai pengunduran diri;

b.     tidak terikat dalam ikatan dinas, dan

c.     tetap melaksanakan kewajibannya sampai tanggal mulai pengunduran diri.

4.  Pemutusan hubungan kerja dengan alasan pengunduran diri atas kemauan sendiri dilakukan tanpa penetapan lembaga penyelesaian perselisihan hubungan industrial.

 

Demikian disampaikan, semoga jelas.

 

Salam hangat,

 

Tags: , ,