Perhitungan Gaji Potong Libur?

Pertanyaan :

Nama saya Juita, Saya GM HRD di suatu perusahaan, pada awal bulan Januari ini saya merekrut staff baru (Pegawai tetap), karena tgl 1 Januari merupakan hari libur maka dimulai masuk kerja tgl 2 Januari. tanggal cut payroll 25 Jan. Yang saya tanyakan , apakah staff baru tsb berhak mendapatkan full monthly atau gaji pokok dibagi 21 hari?


Jawaban :

Pendapat dari kami :

1.      Sebaiknya Ibu Juita mengacu pada perjanjian kerja yang Ibu terapkan untuk karyawan baru tersebut, di dalam perjanjian kerja tersebut kapankah tanggal dia mulai efektif bekerja. Apabila tertulis tanggal 1 Januari 2013, walaupun hari itu merupakan Hari Libur Nasional dia tetap dibayar oleh perusahaan semenjak tanggal 1 Januari 2013 dan memang hak karyawan untuk tidak masuk kerja dikarenakan hari libur nasional sesuai ketentuan perundang-undangan. Kecuali Ibu buat perjanjian kerjanya untuk tanggal mulai bekerja adalah tanggal 2 Januari 2013 maka perhitungan kerja yang wajib dibayar oleh perusahaan adalah mulai tanggal 2 Januari 2013.

2.      Sesuai dengan peraturan perusahaan Ibu Juita, tanggal cut off payroll adalah tanggal 25 setiap bulannya. Maka pembagian gajinya adalah prorate/prorata. Cara perhitungan proratanya dihitung dari jumlah hari kalender. Artinya adalah tanggal cut off dibagi jumlah hari dalam bulan tersebut dikali gaji sebulan. Misalnya tanggal cut off adalah 25 dan jumlah hari dalam bulan Januari adalah 31. Maka seharusnya perhitungan proratanya adalah 25/31 dikali gaji tetap karyawan tersebut dalam sebulan. Yang dimaksud gaji tetap adalah gaji bulanan yang ia terima tanpa dikaitkan dengan jumlah kehadiran maupun intensif atau bonus yang bersifat fluktuatif. Adalah kurang tepat, apabila hanya melihat bahwa dari tanggal 1 Januari sampai dengan tanggal 25 Januari karyawan tersebut masuk kerja sebanyak 21 hari (dengan asumsi perhitungan 6 hari kerja dalam seminggu), lalu tanggal merah dan tanggal liburnya tidak diperhitungkan. Karena dalam perundang-undangan karyawan berhak untuk tidak masuk kerja pada tanggal merah dan hari liburnya serta hal tersebut tidak menggugurkan haknya untuk mendapatkan gaji. Dan apabila karyawan masuk kerja pada tanggal merah maupun tanggal liburnya maka berlaku ketentuan perhitungan uang lembur.

Demikianlah pendapat dari kami. Jika ada pertanyaan lebih lanjut jangan sungkan untuk menanyakannya kembali kepada kami. Terima kasih.

 

*) David Tampubolon adalah Senior Consultant pada OPUS Management

Tags: