Lulusan S1 vs SMA Dengan Posisi dan Tanggung Jawab yang sama, Gaji Beda?

Pertanyaan :

Dengan perbedaan pendidikan antara S1 (fresh graduate) dan SMA (berpengalaman ) apakah akan berbeda salary walaupun dengan posisi, jabatan dan tanggung jawab yang sama..


Jawaban :

Dear Bapak Budi Hartono,
Mengenai salary, ramuannya sangat beraneka ragam. Dalam pertanyaan Bapak, saya melihat bahwa pertimbangan untuk salary didasarkan pada 2 (dua) kategori. Yaitu:
1. Tingkat Pendidikan
2. Masa Kerja
Sedangkan untuk posisi dan levelnya Bapak anggap sama.
Hal ini akan kembali lagi kepada ketentuan internal perusahaan dalam memberikan kompensasi, apakah hanya berdasarkan kedua hal tersebut atau tidak. Kalau memang hanya berdasarkan dua hal di atas, maka sangat besar kemungkinannya untuk sama atau mendekati sama.

Karena bagi mereka yang tamatan SMA akan menerima kenaikan salary tiap tahunnya, termasuk gaji sundulan, sehingga memperoleh salary yang lebih tinggi. Sedangkan mereka yang berpendidikan lebih tinggi, namun belum berpengalaman, maka bisa berkemungkinan memperoleh salary yang sama atau mendekati sama.

Namun apabila ada tambahan pertimbangan untuk komponen salary, misalnya:
1. Performance Appraisal.
2. Grading.
Maka akan mendapatkan hasil yang lebih berbeda lagi. Bisa jadi bagi mereka yang tamatan SMA namun performancenya kurang baik sehingga kenaikan tingkatnya lebih lama, maka besar kemungkinan bahwa mereka ini akan terlampaui oleh tamatan S1 yang fresh graduate. Dan demikian kebalikannya bagi mereka yang tamatan SMA namun performance appraisalnya bagus, maka bisa memungkinkan mereka ini akan menerima salary yang lebih besar daripada tamatan S1 yang fresh graduate.

Apabila Pak Budi Hartono ingin mengetahui lebih banyak lagi, silahkan membaca tulisan saya sebelumya di sini dan di sini.

Demikian pendapat kami semoga dapat membantu Bapak Budi Hartono. Selamat berkarya
David Tampubolon

Tags: , , ,