Istirahat Keguguran

Pertanyaan :

Yth Portalhr, Bagaimanakah aturan tentang istirahat keguguran di Indonesia karena setahu saya ada diatur dalam UU No. 13 tahun 2003 ayat 82. Saya mengalami keguguran dan ingin mengajukan hak istirahat ini kantor pusat di Singapura karena HRDnya ada di sana. Seberapa kuat hak saya untuk mendapatkan ini? Ditunggu tanggapannya.


Jawaban :

Turut prihatin atas keguguran kandungan yang ibu alami semoga dapat segera pulih dan mendapatkan yang terbaik.

Iya betul peraturan mengenai hak istirahat bagi pekerja yang mengalami keguguran kandungan diatur di UU no 13/2003 pasal 82 ayat 2, selengkapnya bunyi pasal tersebut sbb:

1.     Pekerja/buruh perempuan berhak memperoleh istirahat selama 1,5 (satu setengah) bulan sebelum saatnya melahirkan anak dan 1,5 (satu setengah) bulan sesudah melahirkan menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan.

2.     Pekerja/buruh perempuan yang mengalami keguguran kandungan berhak memperoleh istirahat 1,5 (satu setengah) bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter kandungan atau bidan.

Karena diatur dalam UU maka peraturan tersebut memiliki kekuatan hukum yang sah. Untuk lebih meyakinkan pihak perusahaan, disamping memberitahu mengenai adanya UU tersebut ibu bisa meminta surat keterangan dari dokter kandungan.

Tags: ,