Hilangnya Benefit karena Perusahaan Merger

Pertanyaan :

Karyawan Perusahaan A mendapat benefit yaitu Life Insurance yang ditanggung oleh perusahaan. Kemudian perusahaan A diakuisisi oleh Perusahaan induk dan dilebur menjadi satu dengan perusahaan induk, namun para karyawan perusahaan A tidak lagi mendapat benefit life insurance. Dalam hal ini benefit yang didapat karyawan menjadi berkurang setelah bergabung dengan perusahaan induk. Apakah hal ini bertentangan atau tidak dengan peraturan/undang-undang ketenagakerjaan. Terima kasih


Jawaban :

Jawaban:
1. Dalam kasus anda, bila yang terjadi hanya sebagaimana yang anda uraikan, maka perusahaan induk melanggar ketentuan perundang-undangan karena merger/penggabungan perusahaan berakibat pada hilangnya benefit berupa life insurance.

2. Namun, anda harus bersikap “fair”. Pertanyaannya adalah, adakah atau tidak, suatu benefit yang tadinya tidak ada di perusahaan anda bekerja sebelumnya tetapi menjadi ada/diberikan di perusahaan Induk ? Misalnya, Tunjangan Cuti/Uang Cuti tidak ada di perusahaan anda sebelumnya, tetapi di perusahaan Induk anda mendapatkan Uang Cuti yang jumlah bahkan lebih besar dari life insurance.

3. Pada intinya, yang dilihat adalah dari segi “total compensation & benefit”. Apakah “total compensation & benefit” yang anda terima di perusahaan Induk menjadi secara keseluruhan lebih kecil dibandingkan dengan ketika anda bekerja di perusahaan sebelumnya ? Bila jawabnya “ya” maka perusahaan Induk harus memberikan minimal “total compensation & benefit” yang sama/setara. Jadi, melihatnya tidak sepotong-sepotong alias piece-by-piece, tetapi harus secara total.

Tags: , ,