Hak Cuti Panjang

Pertanyaan :

Saya bekerja di bidang perhotelan, hotel sudah berdiri 20 tahun. Saat ini sedang memperpanjang Perjanjian Kerja Bersama, SPSI meminta agar ada hak cuti panjang. Sepengetahuan saya, hak cuti panjang itu memang ada (diatur dalam UU no 13/2003, psl 79), tetapi hanya berlaku bagi perusahaan-perusahaan tertentu. Apakah perusahaan seperti resort hotel juga wajib memberlakukan cuti panjang? Terima kasih atas jawabannya.


Jawaban :

Jawaban:

Ketentuan mengenai cuti panjang sebagaimana diatur dalam UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Pasal 79 ayat (2) huruf d dan ayat (3), (4), dan (5), diatur lebih lanjut pada Keputusan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi No KEP.51/MEN/IV/2004 Tentang Istirahat Panjang Pada Perusahaaan Tertentu, Pasal 2 yang menyebutkan bahwa perusahaan yang wajib melaksanakan istirahat panjang adalah perusahaan yang selama ini telah melaksanakan istirahat panjang sebelum ditetapkannya Keputusan Menteri tersebut.

Dengan demikian bagi perusahaan yang belum melaksanakan istirahat panjang sebelum dikeluarkannya Keputusan Menteri tersebut, tidak wajib melaksanakan istirahat panjang.

Tags: