Gaji WNA vs WNI

Pertanyaan :

Dear Resepected HRPro,

Saya mau tanya terkait tentang gaji WNA VS WNI sbb:

Kondisi saat ini:

1. Perusahaan sudah memiliki Standar Gaji Pokok base on Level + Special Allowance (Tunjangan, Transportasi, Special Skill)

2. Karyawan kita ada yang WNA & WNI

3. Salary WNA lebih tinggi dari WNI dengan posisi Level yang sama.

4. WNA yang saat ini memang lulusan dari negara mereka, dan memiliki pengalaman kerja yang kurang lebih sama dengan WNI, sehingga otomatis expected salary mereka lebih tinggi dari yang sebelumnya.

1. Apakah Gaji WNA & WNI dapat disamakan?

(kecuali Expat yang memang sudah jelas memiliki spesial skill yang dimiliki, sehingga memiliki standar sendiri terkait GP & Allowance mereka)

2. Apakah WNA yang Fresh Grad dengan lulusan edu. di Univ. negara Indo, boleh diikuti dengan standar gaji Fresh Grad di Indonesia?

3. Apabila WNA tersebut dari Negara Maju (eg. Jepang, Korea, US, Eropa, etc) dgn GDP yang cukup tinggi dari Indonesia, maka company dari negara berkembang harus mengikut Gaji Pokok dari negara Maju? *Note : WNA tinggal di Indonesia cukup lama, 4 - 5thn


Jawaban :

Dear Mbak Nasya,

Saya akan coba membahas kasus yang Mbak Nasya tanyakan sebagai berikut:
1. Di”sama”kan di sini tentu maksudnya sesuai dengan level penggajian yang ada. Jadi satu level dengan ada batas minimal dan maksimalnya. Untuk jawabannya adalah bisa disamakan. Bagaimana bila memiliki skill yang berbeda? Selain menentukan melalui level, kita juga bisa mengelompokkannya berdasarkan “grading” tentu ada batas minimal dan maksimal juga, sehingga untuk level yang sama bisa saja terjadi grading yang berbeda, bahkan grading yang sama bisa jadi terdapat level yang berbeda. Kalau level biasanya melihat pada hirarki garis komando/keputusan sedangkan grading biasanya melihat kepada keahlian khusus/tambahan, masa kerja, pengalaman dan lain sebagainya.

2. Boleh saja, sepanjang WNA tersebut setuju/menerima dengan standar gaji yang ditawarkan. Terutama apabila di posisi yang ditawarkan tidak dibutuhkan keahlian khusus seperti Bahasa Asing.

3. Biasanya pertimbangan tambahan mengenai “country of origin” adalah WNA tersebut memiliki tanggung jawab/tanggungan yang saat ini tidak dibawa ke Indonesia melainkan tanggungan tersebut tetap tinggal di negara asal WNA tersebut, sehingga perhitungan tambahannya sudah pasti termasuk tanggung jawab terhadap biaya keluarga WNA yang ada di negara asalnya. Sedangkan apabila WNA tersebut sebatang kara dan sudah lama tinggal di Indonesia silahkan dicoba sesuai dengan jawaban No. 2 di atas.

Tags: ,