Dikontrak PT A, tapi Lebih Banyak Bekerja di PT B

Pertanyaan :

Saya seorang legal di sebuah PT A, setelah bekerja 1 tahun PT A bekerja sama dengan Perusahaan Asing sehingga terbentuk PT PMA, seiring waktu saya lebih banyak mengurus PT PMA, apakah saya perlu kontrak lagi pada PT PMA tersebut dan apakah saya berhak menerima gaji tambahan dari PT PMA itu ? mohon penjelasannya, Terima Kasih


Jawaban :

Jawaban:

Saya asumsikan anda telah membuat perjanjian kerja dengan PT A, dengan demikian status anda adalah pekerja PT A. Namun kemudian, waktu anda banyak digunakan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan terkait dengan PT PMA. PT PMA bekerjasama dengan PT A.  Sehubungan dengan pertanyaan apakah anda berhak atau tidak mendapatkan upah tambahan dari PT PMA, ada beberapa kemungkinan dan argumentasi, sbb:

1. Bila beban tugas di PT A menjadi berkurang, dan sementara itu anda mengerjakan pekerjaan di PT PMA, maka Anda kurang punya dasar untuk menuntut upah tambahan dari PT PMA.

2. Bila anda juga melaksanakan beban tugas di PT A seperti yang seharusnya, dan sementara itu anda harus bekerja ekstra waktu dan tenaga untuk melaksanakan pekerjaan-pekerjaan PT PMA (dan anda punya bukti cukup untuk itu), anda berhak atas tambahan upah atas work load yang menjadi lebih besar dari tanggung jawab anda berdasarkan perjanjian kerja anda dengan PT A, dengan mana anda mengadakan perjanjian/ perikatan sebelumnya.

3. Meski tidak ada ketentuan peraturan perundang-undangan yang melarang seorang pekerja bekerja pada beberapa perusahaan, seorang pekerja mengadakan perjanjian kerja dengan lebih dari satu perusahaan tidak lazim. Selain itu, ketentuan larangan, bila ada, biasanya dicantumkan dalam Peraturan Perusahaan atau Perjanjian Kerja Bersama.

Tags: ,