Cut Off Gaji untuk Karyawan Mengundurkan Diri

Pertanyaan :

Selamat Siang, Saya mengundurkan diri dari perusahan efektif per tanggal 1 maret 2014, artinya saya terakhir bekerja tanggal 28 feb 2014 dan cut off setiap tanggal 10 setiap bulannya. Apakah saya masih berhak mendapatkan gaji di bulan maret 2014? Setahu saya dengan sistem cut off tanggal 10 berarti saya masih mempunyai hak gaji di tanggal 11 feb 2014 - 28 feb 2014. mohon koreksi dan penjelasannya jika saya salah dalam pengetahuan saya. terima kasih salam sukses


Jawaban :

Dear Pak Wilsen di Jakarta,

Mengenai cut off salary di tempat Bapak yang sampai tanggal 10 setiap bulannya. Maka perhitungan yang Pak Wilsen berikan sudah tepat. Apabila Bapak hari terakhir bekerjanya pada tanggal 28 feb 2014. Maka masih ada salary yang belum dibayar atau salary gantung dari tanggal 11 feb 2014 sampai 28 feb 2014.

Yang perlu diperjelas dengan rekan penggajian/payroll di perusahaan tersebut adalah apakah cut off tanggal 10-nya termasuk insentif dan tunjangan tidak tetap saja (tunjangan yang tergantung pada kehadiran karyawan) ataukah termasuk juga sampai gaji bulanan dan tunjangan tetap. Karena biasanya untuk karyawan bulanan yang ada cut off di tengah bulan, biasanya cut off itu hanya untuk insentif dan tunjangan tidak tetap saja. Sedangkan gaji bulanan dan tunjangan tetap biasanya cut offnya tetap pada tanggal terakhir dibulan tersebut untuk karyawan bulanan.

Demikian pendapat kami semoga dapat membantu. Selamat berkarya.

Tags: ,