Cara Membuat Budget Tahunan HRD

Pertanyaan :

Yth PortalHR, perkenalkan saya Lidia. Saya mohon penjelasan mengenai cara membuat budget tahunan HRD dan hal apa saja yang harus diperhatikan. Jika memungkinkan mohon disertakan contoh formatnya seperti apa. Terima kasih


Jawaban :

Jawaban:

Pembuatan budget tahunan HRD adalah sejalan dengan pembuatan budget perusahaan dimana umumnya prosesnya dipimpin oleh direktorat Finance.

Pembuatan budget HRD harus sejalan dengan pembuatan budget perusahaan dikarenakan setiap inisiatif (Strategi) yang dibuat oleh perusahaan pastinya akan berdampak pada tenaga kerja, dan juga setiap adanya dampak perekonomian dan atau perubahan – perubahan peraturan dapat memberikan dampak kepada strategy keuangan perusahaan dan oleh sebab itu baik secara langsung maupun tidak langsung dapat berdampak pada perencanaan biaya tenaga kerja.

Hal – hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan budget HRD secara umum adalah:

– Mempersiapkan data – data komponen biaya tenaga kerja yang berlaku di perusahaan tersebut. seperti, data jumlah gaji pokok, data setiap tunjangan, data setiap benefit, data bonus.

– Mempersiapkan data jumlah karyawan saat ini berikut dengan komposisi grade masing- masing karyawan.

– Mempersiapkan data salary structure perusahaan yang terkini sudah memperhitungkan adanya perubahan UMP, ataupun inflasi ataupun data market.

– Mempersiapkan data jumlah karyawan dengan komposisi grade yang akan dituju/direncanakan untuk dipenuhi.

– Mempersiapkan perhitungan atas dampak dari inisiatif (strategy) perusahaan terhadap biaya tenaga kerja yang dapat berupa kenaikan ataupun penurunan biaya tenaga kerja.

– Mempersiapkan perhitungan atas kegiatan-kegiatan BAU HRD terhadap biaya tenaga kerja, misalnya proses peninjauan gaji tahunan, pembagian bonus kinerja tahunan, kenaikan premium  atas asuransi kesehatan, dsb

sehingga diharapkan dengan adanya informasi data yang lengkap akan sangat membantu HRD dalam membuat perencanaan (budget) atas biaya tenaga kerja.

Untuk format – sebaiknya dibuat secara sederhana saja tetapi secara umum direktorat finance akan memberikan arahan untuk format budget karena akan terkait dengan cara-cara pembukuan akuntansi dari perusahaan terkait.

Semoga hal ini dapat membantu.

 

*) Josephine Regina adalah HR Performance and Reward Head di industri perbankan lokal.

 

Tags: