Bonus Kepada Karyawan Masa Percobaan

Pertanyaan :

Selamat siang, saya ingin menanyakan perihal pemberian bonus. Bagaimana perhitungan memberikan bonus kepada karyawan yang masa kerja dalam masa percobaan (3 bulan) Terima kasih.


Jawaban :

Dear Ibu Yanti,

Mengenai Bonus bagi karyawan, sepenuhnya adalah ketentuan internal perusahaan terhadap karyawan.

Dikarenakan sepanjang pengetahuan saya, hal ini tidak diatur dalam ketentuan perundang-undangan mengenai ketenagakerjaan di Indonesia.

Dalam prakteknya, ketentuan mengenai bonus bagi karyawan, pada umumnya dikeluarkan melalui Surat Direktur ataupun Internal Memo di dalam Perusahaan. Dan ada juga beberapa Perusahaan yang memasukannya ke dalam Peraturan Perusahaan.

Oleh karena itu, sebaiknya mengenai Bonus bagi karyawan ini dicari ketentuannya berdasarkan internal perusahaan Ibu Yanti.

Seandainya di Perusahaan Ibu belum mengatur mengenai hal ini, maka saran dari saya untuk pemberian Bonus bagi Karyawan, khususnya bagi Karyawan dalam Masa Percobaan adalah prorata. Namun perlu Ibu Yanti ingat, bahwa untuk karyawan dalam masa percobaan kurang dari 3 (tiga) bulan di dalam ketentuan THR belum berhak untuk menerima THR bahkan tidak juga menerimanya secara prorata.

Demikian pendapat kami semoga dapat membantu Ibu Yanti. Selamat berkarya.

Salam,
David Tampubolon

Tags: ,