Apakah Perusahaan Boleh Putus-Sambung Jam Lembur?

Pertanyaan :

Ibu saya mau tanya apakah boleh perusahaan memutus jam lembur setelah itu disambung lagi? Mohon jawabannya, terima kasih


Jawaban :

Soal pelaksanaan kerja lembur memang tidak diatur dalam perundangan maupun ketentuan yang ada secara detail, oleh karenanya pada umumnya kemudian kita mengunakan logika untuk menerapkannya.

Sebagai contoh, misal seorang sopir yang diberi tugas lembur di hari minggu untuk mengantar ke bandara pukul 04.00 dan menjemput pukul 22.00 dan di antara waktu tersebut dia bisa pulang ke rumah dan tidak ada pekerjaan kantor yang dilakukannya, maka penghitungan lembur secara akal sehat bukan dari pukul 04.00 sd 22.00. Lembur yang dihitung adalah waktu untuk mengantar misal 04.00 dan dia sampai di rumah lagi pukul 07.00 (3 jam) dan waktu untuk menjemput misal pukul 22.00 dan dia pulang pukul 24.00 (2 jam). Total lembur5 jam bukan 18 jam.

Dalam kasus lainnya misal seorang sopir diberi tugas lembur di hari sabtu untuk antar jemput karyawan yang mengikuti pelatihan dari pukul 08.00 s/d pukul 17.00 dan sepanjang waktu pelatihan tersebut, sopir tidak bisa meninggalkan lokasi atau dengan kata lain harus standby di lokasi, maka lemburnya dihitung dari pukul 08.00 sd pukul 17.00 karena di antara waktu tersebut ia bertugas untuk menunggu/standby.

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan, semoga dapat membantu.

 

Tags: ,