HR Baru di Perusahaan yang Masih Baru

Pertanyaan :

Salam. Perusahaan tempat saya bekerja adalah peusahaan keluarga. Saya diminta menempati posisi HRD, tapi tidak ada pengalaman di HR. Apa yang harus saya lakukan mengingat ini adalah perusahaan baru. Usahanya terdiri dari Kontraktor, Rumah Makan dan Refleksi Kesegaran


Jawaban :

Salam sejahtera Pak Muhammad Bisyri yang budiman,

Menjawab pertanyaan Anda mengenai bagaimana Anda harus berperan sebagai pelaku HR yang masih baru di perusahaan baru bidang  kontraktor, rumah makan dan refleksi kesegaran.

Tentunya sebagai orang baru, sangat disarankan agar Anda mempelajari benar-benar jenis usaha  tempat Anda bekerja, karena seorang pelaku HR harus mengerti operasi bisnis dari organisasi, tantangan yang dihadapi, persaingan dan kendala yang diantisipasi dalam jenis usaha terkait. Cara terbaik adalah dengan banyak berdiskusi dengan tokoh senior atau tokoh kunci di organisasi dan sama-sama melakukan studi banding kecil-kecilan bagaimana perusahaan serupa lainnya melakukan operasi usaha seperti itu. Anda harus memastikan Anda memahami Visi dan Misi perusahaan. Selanjutnya dari situ Anda dapat membuat program-program kerja HR yang prioritas untuk dikembangkan terlebih dahulu.

Saya perkirakan atas diskusi yang berkembang, Anda dapat secara proaktif mendikusikan kira-kira struktur organisasi seperti apa yang akan diberlakukan untuk masing-masing unit  bisnis kontraktor, rumah makan dan refleski kesegaran sehingga dari informasi tersebut Anda dapat mengembangkan uraian pekerjaan dan persyaratan jabatan untuk setiap posisi. Langkah selanjutnya, dengan dasar itu semua Anda dapat  menentukan pencarian dan penyeleksian tenaga kerja yang tepat jika memang posisi-posisi di atas masih kosong. Anda cukup melakukan sendiri bekerjsama dengan Pimpinan Kerja internal untuk melakukan penyeleksian.

Sambil berjalan, Anda dapat membenahi sistem dan pembiayaan gaji sesuai kebijakan perusahaan, menyiapkan segala kebutuhan dan persyarat administrasi personalia yang minimal harus dimiliki suatu perusahaan, menyiapkan peraturan perusahaan. Sistem lainnya (seperti  manajemen kinerja dan pengembangan bisa Anda kembangkan sambil berjalan). Jika Anda membutuhkan berbagai template sistem dan formulir administrative, Anda harus rajin-rajin bertanya atau mencari melalui berbagai sumber termasuk jalur komunikasi melalui portal HR.

Selamat mencoba.