Hak Karyawan atas Bonus

Pertanyaan :

Apakah karyawan berhak menuntut perusahaan untuk memberikan bonus, apabila dalam surat pengangkatan kerja kita tertulis adanya benefit untuk karyawan dalam bentuk bonus dan lain-lain. Dan, karyawan tentunya menuntut bukan tidak memperhatikan kondisi perusahaan, tapi memang keuntungan yang dicapai perusahaan optimal pada tahun berjalan. Dan, bukankah ini sesuatu yang lazim dalam dunia usaha? Dengan dasar praktik kelaziman semacam itu, dapatkah dipatahkan oleh hak prerogatif manajemen?


Jawaban :

Apabila tentang bonus dicantumkan dalam surat pengangkatan kerja, pekerja berhak atas bonus. Tapi, harus dibaca dengan seksama bagaimana bunyi kalimat dalam surat pengangkatan kerja tersebut. Apabila bunyinya misalnya:

"Pekerja dapat diberikan bonus apabila perusahaan pada tahun yang berjalan mendapatkan keuntungan".

Kalimat seperti tersebut di atas berarti pekerja tidak otomatis mendapatkan bonus. Kata "dapat" memberikan fleksibilitas bagi perusahaan. Selain itu juga tidak didefinisikan berapa besar keuntungan sehingga perusahaan wajib memberikan bonus. Kelaziman dalam bisnis, tidak dapat menjadi dasar untuk timbulnya hak bagi pekerja.